5 Tanaman Apotek Hidup yang Dapat Anda Tanam di Rumah
Tanaman Apotek Hidup (Cottonbro - Pexels)

Bagikan:

Makassar--Siapa yang mulai beralih hobi bercocok tanam di masa pandemi? Baik tanaman hias atau bahkan tanaman apotek hidup?

Tanaman apotek hidup berguna tidak hanya untuk kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Salah satunya yaitu tanaman lavender yang bisa memberikan efek relaksasi hingga tanaman mint yang dapat digunakan untuk masakan, minuman, dan juga obat sakit kepala.

Kali ini VOI akan mengajak Anda mencoba menanam tanaman apotek hidup yang mudah ditanam di rumah.

Kemangi

Kemangi merupakan tanaman apotek hidup yang mudah ditanam di rumah. Kemangi dikenal sebagai tanaman anti bakter dan anti inflamasi yang mengandung vitamin A, mangan, dan magnesium.

Anda bisa mencampurkan kemangi ke dalam makanan sebagai penambah rasa maupun lalapan. Selain mudah dirawat, tanaman obat ini pun mampu bertahan hidup lebih dari 2 tahun.

Lidah buaya

Tanaman apotek hidup yang satu ini hampir sering ditemukan keberadaannya di tiap rumah. Selain digunakan untuk perawatan kecantikan, rupanya lidah buaya juga berfungsi menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi asma, sakit maag, penyakit usus, peradangan, juga menurunkan gula darah.

Anda hanya perlu mengeluarkan gel yang berada di dalam lidah buaya lalu campurkan dengan madu untuk dijadikan masker wajah. Bisa juga merebusnya dan menambahkan gula atau madu untuk diminum sebagai perawatan dari dalam.

Jahe

Tanaman apotek hidup selanjutnya yang mudah ditanam di rumah yaitu jahe. Jahe memiliki khasiat melancarkan pernapasan dan menghangatkan tubuh sehingga bagus dikonsumsi saat terserang flu.

Jahe pun dapat mengobati masalah pencernaan seperti mual-mual, sakit perut dan vertigo. Hanya saja, dosis aman untuk mengonsumsi jahe yaitu tidak lebih dari satu sendok teh per hari. Jika dikonsumsi berlebihan, tanaman obat ini justru menyebabkan heartburn, perut kembung, serta iritasi mulut.

Lavender

Tanaman apotek hidup berbunga ungu ini memiliki aroma yang ampuh mengusir nyamuk, sakit kepala, dan meredakan kecemasan. Bagi Anda yang memiliki insomnia, aroma hangat Lavender dipercaya dapat menenangkan syaraf sehingga memperbaiki kualitas tidur.

Anda bisa menanam lavender di dalam pot dan meletakannya di tempat yang terjangkau sinar matahari.

Daun Mint

Saat tubuh sedang lelah, mandi dengan rendaman air daun mint bisa dijadikan pilihan yang tepat. Daun mint yang segar dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran yang penat.

Sebagai produk skincare, tanaman obat ini cukup di tumbuk halus lalu dioles ke wajah sebagai masker untuk mengecilkan jerawat. Lalu, dapat juga direbus dan diminum saat sakit perut.

Anda bisa membeli daun mint kecil dari toko tanaman karena menanamnya dari biji lumayan sulit. Sedangkan saat musim penghujan, lindungi tanaman ini dengan meletakannya di dalam rumah.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!