Tips Mengkilapkan Daun Alocasia dan Merawatnya agar Cepat Bertunas
Ilustrasi tanaman alocasia (Pexels/Huy Phan)

Bagikan:

Makassar—Memiliki hobi tentunya memberikan manfaat besar untuk kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental. Misalnya menggeluti hobi bertanam atau merawat tanaman hias yang baru-baru ini banyak digemari. Apakah Anda termasuk penyuka tanaman hias?  

Tentu tak asing dengan tanaman alocasia. Alocasia punya struktur daun yang eksotis. Tanaman ini juga dapat jadi hiasan dekoratif di dalam maupun di luar rumah. Menakjubkan lagi, ada berbagai spesies dan warna-warna daunnya sangat variatif.

Alocasia tergolong dalam tanaman umbi-umbian atau aracaeae yang hidup alaminya di hutan hujan tropis. Jadi kawasan tropis yang cenderung lembab bisa dengan mudah jadi tempat tumbuh tanaman ini.

Ditemukan di daerah tropis dan sub tropis seperti di negara-negara Asia, Oceania, serta Amerika Selatan. Untuk variasi tanaman hias alocasia sangat beragam, mulai dari alocasia black velvet, alocasia tengkorak, alocasia Jacklyn, hingga alocasia variegata.

Tanaman hias alocasia akan lebih cantik apabila daunnya terlihat menglikap. Lantas, bagaimana cara mengkilapkan daun alocasia?

Cara mengkilapkan daun tanaman hias bisa mengelap rutin daunnya dengan air dan kain yang lembut. Atau bisa juga menggunakan cairan shield and shine yang khusus diformulasikan untuk mengkilapkan daun tanaman hias.

Cara lain untuk membuat daunnya terlihat mengkilap, bisa dengan membersihkannya dengan kapas basah. Untuk perawatan tanaman hias alocasia, berikut cara-caranya.

1. Lebih banyak air dan butuh banyak nutrisi

Semakin besar daunnya, maka alocasia akan semakin indah. Tetapi lebarnya daun juga dipengaruhi oleh usia. Artinya, semakin tua usianya, daunnya akan semakin besar.

Di samping itu, untuk memperlebar daun dan menumbuhkan tunas baru perlu menjaga nutrisi serta memastikan media tanam yang tepat. Tanaman alocasia saat menumbuhkan tunas baru akan lebih banyak membutuhkan nutrisi dan air.

Media tanam paling cocok untuk tanaman alocasia adalah yang organik. Seperti campuran daun kering, serbuk kayu, cocopit, sekam bakar, hingga tanah kompos.

2. Beri anti hama

Ada berbagai macam anti hama. Mulai dari membasmi kutu hingga jamur. Agar tanaman alocasia tumbuh subur tanpa gangguan hama, maka diperlukan rutin memberi anti hama.

3. Rutin dipupuk

Sebagai upaya menambah nutrisi, selain memastikan media tanam yang pas juga perlu rutin diberi pupuk. Seperti pupuk NPK dengan ukuran setengah sendok makan dicampur air kurang lebih 20 liter dan diberikan sebulan 1-2 kali.

4. Atur intensitas cahaya

Karena habitat aslinya hidup di kawasan tropis yang cenderung teduh dan lembab, tanaman alocasia tidak menyukai paparan cahaya matahari langsung. Misalnya meletakkan tanaman alocasia di bawah pohon besar atau memberi filter sun berupa paranet.

5. Pastikan media tanam tidak terlalu kering

Merawat tanaman alocasia perlu memastikan kondisi media tanamnya. Kalau media tanam terlalu kering, tanaman ini akan terhambat tumbuhnya. Artinya, jaga tetap basah dan lembab agar tetap subur. Namun, hindari menyiram berlebihan supaya akarnya tidak busuk.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!