5 Ragam Tanaman Palawija yang Bisa Anda Tanam di Rumah
Ilustrasi (Mali Maeder/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda punya lahan kosong di rumah? Manfaatkan saja untuk bercocok tanam. Salah satunya, Anda bisa menanam tanaman palawija yang tidak memerlukan banyak asupan air dan cenderung lebih mudah untuk ditanam. Selain itu, tanaman palawija pun merupakan sumber pangan sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan oleh seluruh keluarga.

Menyadur laman Dekoruma, Jumat, 27 Agustus, berikut jenis-jenis tanaman palawija yang bisa Anda tanam di rumah. 

Jagung

Jenis tanaman palawija pertama yang bisa Anda tanam di rumah adalah jagung. Tanaman palawija satu ini sangatlah mudah ditanam karena bisa tumbuh pada jenis tanah yang berbeda-beda. Namun, pastikan Anda mulai menanam bibit jagung saat sudah memasuki awal musim kemarau dan jangan lupa untuk menyiram serta memberikan pupuk secara rutin agar tanaman palawija ini bisa tumbuh secara optimal. 

Wortel

Tanaman palawija lain yang bisa Anda tanam di rumah adalah wortel. Perlu Anda ketahui, bibit tanaman wortel memiliki ukuran yang kecil sehingga proses penanamannya tidak terlalu dalam. Saat menanam tanaman palawija ini, usahakan juga agar tiga perempat bibit mendapatkan kelembapan yang baik. 

Kedelai

Ada pula kedelai yang merupakan tanaman palawija paling mudah untuk ditanam. Tanaman palawija ini dapat tumbuh secara maksimal jika Anda mulai menanamnya saat musim kemarau tiba. Untuk melakukannya, pertama-tama carilah area di halaman rumah yang terkena sinar matahari langsung, kemudian mulai tanam bibit dari kacang hijau sekitar 5 cm di dalam tanah. Jangan lupa berikan pupuk secara rutin agar hasilnya makin maksimal. 

Singkong

Tanaman palawija lain yang sangat mudah untuk dirawat adalah singkong. Untuk mulai menanam singkong, Anda memerlukan stek dari tanaman indukan. Lalu, potong-potong hingga ukurannya kecil dan tanam kembali di dalam tanah. Tak hanya mudah untuk ditanam, tanaman palawija singkong pun hasilnya bisa diolah menjadi berbagai jenis menu makanan, lho! 

Kentang

Tak hanya dapat diolah menjadi berbagai menu makanan, kentang pun dapat dijadikan sebagai alternatif pangan yang menyehatkan. Untuk menanam tanaman palawija yang satu ini, pertama-tama silakan gali tanah hingga kedalaman sekitar 10 cm. Setelah itu, tanamkan bibit kentang ke dalam tanah dan lakukan penyiraman serta pemberian pupuk secara rutin agar tumbuh dengan baik.