Begini Cara Membiasakan Diri untuk Bangun Pagi dan Berolahraga
Ilustrasi olahraga pagi (Ketut Subiyanto/Pexels)

Bagikan:

Makassar—Untuk sebagian orang, bangun pagi untuk olahraga merupakan hal yang paling berat. Pertama, karena harus bangun pagi, yang kedua karena untuk olahraga. Memang, saat bangun tidur, hal yang paling enak dilakukan adalah bersantai, main sosial media, baca berita, nonton tv, lalu menikmati secangkir teh atau kopi dan sarapan.

Jika yang dipikirkan hanya bersenang-senang saja, lantas kapan ada waktu untuk olahraga? Memang, hal yang paling susah dilakukan adalah membiasakan diri untuk olahraga pagi. Padahal, kalau sudah terbiasa semuanya akan jadi lebih mudah. Nah, untuk Anda yang baru saja merencanakan untuk rutin olahraga pagi, mari simak tips berikut ini, ya.

Buat rencana olahraga

Anda harus tahu dulu mau olahraga apa dan di mana. Apakah itu jogging di sekitaran rumah, bersepeda, berenang, pergi ke gym, atau mengambil kelas di studio olahraga?

Kalau ingin setiap hari beda olahraga juga boleh. Tapi Anda mesti buat perencanaannya dahulu. Jadi setiap bangun tidur, bisa langsung siap-siap tanpa pikir panjang.

Siapkan perlengkapan olahraga dari malam hari

Kalau sudah tahu besok pagi mau olahraga apa, siapkan semuanya dari malam hari. Buat yang mau pergi ke gym, bisa siapkan pakaian olahraga, sepatu, kaus kaki, botol minum, dan baju ganti. Pokoknya siapkan semua yang Anda butuhkan sejak malam agar waktu bangun tidur tidak terlalu lama untuk siap-siap.

Tidur lebih awal

Susah bangun pagi? Coba biasakan untuk tidur lebih awal. Kalau mau jogging pukul enam pagi, setidaknya Anda harus sudah tidur sekitar pukul 10 atau 11 malam. Jika semalam begadang, dijamin Anda lebih susah bangun pagi karena merasa masih ngantuk dan lelah. Kalau belum terbiasa bangun tepat waktu, jangan lupa nyalakan alarm plus minta bantuan orang rumah untuk membangunkan Anda.

Selalu ingat motivasi untuk olahraga

Biar olahraga selalu semangat, selalu ingat apa motivasi Anda untuk melakukannya. Entah itu untuk menurunkan berat badan, ingin lebih bugar dan tidak mudah lelah, ingin membentuk tubuh, atau ingin menjalankan gaya hidup yang lebih sehat agar bisa fit sampai tua nanti. Dengan mengingat motivasi ini, Anda bisa lebih semangat berolahraga secara rutin.

Buat momen olahraga pagi menyenangkan

Kegiatan olahraga yang membosankan pasti bikin Anda mudah menyerah. Makanya penting  untuk membuat setiap kegiatan jadi lebih menyenangkan sehingga Anda lebih nyaman menjalankannya.

Caranya? Mungkin bisa ajak teman berolahraga bersama kalau tidak suka sendirian, jogging sambil mendengarkan musik atau podcast, atau mungkin ini saatnya belanja baju, sepatu, dan perlengkapan olahraga yang lebih stylish biar Anda merasa percaya diri saat olahraga.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!