4 Cara Agar Puasa Tak Mudah Batal, Apa Saja?
Ilustrasi (Ali Arapoğlu/Pexels)

Bagikan:

MAKASSAR - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat Islam dari berbagai negara. Di waktu ini juga mereka menjalani puasa yang mengharuskan diri menahan hawa nafsu, terutama makan dan minum selama satu bulan lamanya.

Menjadi salah satu ibadah yang harus dijalani, puasa juga terdiri dari tata cara untuk mendapatkan pahala dan jadi ibadah yang diridhoi-Nya. Bahkan, puasa juga mempunyai deretan aturan yang patut dipatuhi agar tidak membatalkannya.

Diantaranya yaitu menahan diri untuk tidak makan dan minum di waktu berbuka, berhubungan seksual di waktu puasa, muntah, dan lainnya. Oleh sebabnya, penting untuk menjaga diri agar tidak mudah batal puasa. Bagaimana caranya? Berikut deretannya, melansir HerWorld, Kamis, 14 April.

Cukup sahur

Sahur menjadi waktu yang dianjurkan untuk makan dan minum sebelum berpuasa kurang lebih 14 jam lamanya. Hal ini tentu beralasan agar Anda tidak mudah batal puasa karena lapar dan haus.

Sehingga konsumsilah makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi seperti sayur, buah, karbohidrat dan protein saat sahur. Terutama bagi Anda yang akan menjalani banyak aktivitas dari pagi hingga malam.

Menahan diri atau sabar

Sebagai salah satu ibadah umat muslim yang harus dijalani, namun bukan berarti umat beragama lain dilarang untuk mengikutinya. Sehingga, mungkin saat beraktivitas, berbagai godaan kerap datang menghampiri.

Oleh sebabnya, cobalah untuk menahan diri dan bersabar. Dengan mengingat bahwa puasa adalah bagian dari ibadah, cara ini bisa membantumu untuk bertahan hingga waktu berbuka.

Perbanyak aktivitas kebaikan

Di bulan ramadan, segala aktivitas kebaikan yang dilakukan bisa jadi ladang pahala bagi umat muslim. Sehingga bulan itu, menjadi waktu yang tepat untuk berlomba-lomba melakukan hal-hal baik.

Alasan ini cukup kuat untuk Anda menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak penting. Dengan begitu, diri akan jadi lebih fokus mengerjakan aktivitas yang bermanfaat.

Olahraga cukup

Puasa bukanlah alasan untuk diri bermalas-malasan seharian di kasur. Bahkan sampai melupakan aktivitas olahraga rutin setiap hari.

Padahal, berolahraga jadi salah satu cara agar tubuh terhindar dari penyakit yang bisa buat stamina turun dan sulit berpuasa. Oleh sebabnya, maksimalkan waktu untuk berolahraga, sebelum berbuka dan saat sahur.