Berita Sulsel Hari Ini: Empat desa wisata Sulsel lolos 50 besar ADWI Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno mengumumkan secara virtual empat desa wisata di Sulawesi Selatan lolos masuk 50 besar ADWI 2022 oleh Kemenparekraf. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Empat desa wisata Sulawesi Selatan lolos sebagai 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2022) Kemenparekraf RI sekaligus menjadi yang terbanyak di antara provinsi lain.

"Alhamdulillah, Alhamdulillah. Ini kabar gembira yang sungguh patut disyukuri. Apalagi Sulsel kembali tampil sebagai yang terbanyak di fase 50 besar ini," kata  Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Muhammad Jufri, dalam keterangannya di Makassar, Kamis 28 April.

Keempat desa wisata Sulsel yang lolos 50 besar antara lain Desa Wisata Matano Iniaku (Luwu Timur), Desa Wisata Barania (Sinjai), Desa Wisata Kambo (Palopo), dan Desa Wisata Campaga (Bantaeng).

Setelah penetapan 50 besar ini, usai Lebaran Menparekraf Sandiaga Uno akan melakukan kunjungan ke seluruh desa wisata yang sudah ditetapkan masuk dalam 50 besar.

Tujuh kategori penilaian

Kunjungan bersama Tim Juri ADWI 2022 selanjutnya akan melakukan penilaian dan kemudian menetapkan pemenang pada tujuh kategori penilaian.

Ketujuh kategori tersebut di antaranya aspek daya tarik wisata, aspek CHSE, konten digital dan kreatif, toilet umum, homestay, souvenir, dan kelembagaan.

"Tujuh kriteria itu akan dinilai langsung oleh tim juri serta pengamatan di lapangan oleh menteri. Jadi sekarang tugas berat menanti para pengelola," jkata Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata Disbudpar Sulsel, Bruno S. Rantetana, menambahkan.

Bruno menjelaskan, keempat desa wisata asal Sulsel ini sudah otomatis mendapat tiket untuk diundang ke Jakarta saat malam puncak penganugerahan ADWI 2022 berdasarkan kategori yang masing-masing menangkan nantinya. Malam penganugerahan akan dilakukan pada Puncak Peringatan Hari Pariwisata Dunia di bulan September tahun ini.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.