Hidangan Nikmat yang Disajikan dalam Perayaan Natal di Sejumlah Negara
Ilustrasi makanan khas Natal di berbagai negara (Unsplash/Jed Owen)

Bagikan:

Makassar—Hidangan yang disajikan tentunya merepresentasikan budaya sebuah wilayah. Selain kondisi alam yang menentukan ketersediaan bahan, hal lain yang dapat dilihat adalah dari cara mengolah bahan makanan. Saat Natal, setiap negara mempunyai tradisi masing-masing untuk menikmati hari besar yang jatuh pada penghujung tahun.

Kira-kira, apa saja yang disajikan saat hari Natal di berbagai negara? Berikut 5 daftar makanan yang biasanya dihidangkan dalam acara keluarga.

Kolombia - Bunuelos

Di Kolombia, saat Natal akan banyak ditemui makanan tradisional. Makanan tradisional ini disebut bunuelos. Bunuelos terbuat dari tepung jagung dan keju segar. Keju segar di Kolombia disebut queso fresco, ia akan jadi isian roti goreng tersebut. Selain bunuelos akan disajikan puding (natilla) dan pastry kering dengan rasa jeruk (hojuelas).

Chili – Pan de pascua

Perayaan Natal menurut warga Chili adalah momen berkumpulnya semua keluarga. Berbagai hidangan disajikan di meja, seperti sayur-sayuran, kentang, Chillean wine atau kadang juga red wine. Makanan yang dianggap sebagai tradisi dan dihidangkan di meja makan adalah 'pan de Pascua' atau disebut fruitcake.

Ceko – Sup ikan

Berdasarkan tradisi, sebelum Natal penduduk akan berpuasa. Saat berbuka puasa, dihidangkan roti Natal pada sore hari. Biasanya dimulai dengan makanan pembuka, seperti sup ikan atau jamur kuba (mirip dengan risoto yang dibuat dari barley). Menu utamanya adalah ikan gurame goreng dan salad kentang.

Hungaria – Beigli atau Bejgli

Setiap provinsi di Hungaria mempunyai tradisi yang berbeda-beda. Umumnya menghidangkan sup ikan gurame, kubis isi, ikan goreng dan beigli atau bejgli. Beigli adalah makanan penutup berupa pastry yang diisi dengan kacang kenari atau poppyseeds. 

Kuba – Rum cake

Sebagai salah satu negara Amerika Latin, perayaan Natal di Kuba menghadirkan tradisi temu keluarga dan perayaan. Makanan utamanya yaitu sup kacang hitam dan nasi. Namun pada malam spesial disajikan puding beras dan rum cake.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!