Menuju Persidangan, Berikut Prosedur yang Harus Dilewati Rachel Vennya
Rachel Vennya (Foto: ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Jalan Panjang harus dilalui selebgram Rachel Vennya sebagai tersangka dugaan kasus melarikan diri saat melaksanakan karantina di RSDC Wisma Atlet Pademangan usai berlibur dari luar negeri. Selain Rachel, dalam perkara yang sama, Salim Nauderer dan Maulida Khairunnia juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

Pemeriksaan pertama Rachel dilakukan Senin, 8 November. Bersama pacarnya Salim Nauderer dan manajernya, Maulida Khairunnia pemeriksaan dimulai pukul 10.30 WIB dan selesai pada pukul 14.30 WIB.

Rachel sempat bungkam ketika dicecar pertanyaan. Namun, selebgram ini akhirnya buka mulut dengan meminta dukungan agar bisa melewati kasus yang menjeratnya.

"Minta doanya ya," kata Rachel kepada wartawan, Senin, 8 November.

Setelah mengatakan hal itu, Rachel kembali tutup mulut. Dia langsung menuju mobilnya untuk pergi meninggalkan Polda Metro Jaya.

Polda Metro Jaya menjelaskan pemeriksaan selebgram Rachel Vennya sebagai tersangka untuk kelengkapan berkas berita acara terkait dugaan kasus melarikan diri saat menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan.

"Sekarang kelengkapan berkasnya sebagai tersangka," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat di Jakarta, Senin.

Meski tidak menjelaskan secara rinci, Tubagus mengatakan materi pemeriksaan Rachel tidak jauh berbeda dengan pemeriksaan sebelumnya. "Ya yang digali masalah itu aja kan sudah tahu, kan sudah tahu permasalahannya UU Kekarantinaan dan UU Wabah Penyakit," ujar Tubagus.

Proses persidangan cukup panjang

Apabila pemberkasan telah rampung, selanjutnya penyidik melimpahkan berkas kasus Rachel Vennya kepada pihak kejaksaan untuk disidangkan. "Iya, akan segera dikirim dulu ke kejaksaan," ujar Tubagus.

Polisi akan menerima pemberitahuan apakah berkas yang dikirim sudah lengkap sehingga sidang bisa dimulai. Persidangan sendiri akan melewati proses yang lama dan tidak cukup sekali sidang selesai. Artinya, Rachel Vennya harus bersiap menjalani semua prosedur tersebut hingga rampung.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!