Diresmikan Presiden Jokowi, IHSG Awal 2022 Diprediksi Bakal Menguat
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Dok. Kementerian Keuangan)

Bagikan:

MAKASSAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir langsung pada Pembukaan perdagangan saham Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berlangsung pagi ini, Senin, 3 Januari di Gedung BEI.

Merujuk undangan pembukaan perdagangan bursa 2022 kepada media, seremoni pembukaan perdagangan BEI akan diawali sekitar pukul 08.35 WIB. Pembukaan perdagangan BEI akan diresmikan Jokowi pada 08.57 WIB.

Sebelum Jokowi menyampaikan sambutan, Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan memberikan laporan.

Selanjutnya Jokowi akan menandatangani sertifikat peresmian pembukaan perdagangan BEI 2022 pada pukul 09.07 WIB. Jokowi dijadwalkan akan memberikan pidato pada pukuL 09.10 WIB. Selain itu, Jokowi pun akan berdialog singkat dengan perwakilan asosiasi pasar modal.

Sedangkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan pertama pada tahun 2022 hari ini setelah ditutup melemah 0,29 persen di level 6.581,28 pada penutupan perdagangan 2021 pada Kamis 30 Desember lalu.

IHSG menguat pada hari ini

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan, IHSG pada akhir tahun lalu terkoreksi setelah kekhawatiran akan COVID-19 varian Omicron di AS dan Eropa semakin parah.

"Investor juga melakukan profit taking jelang libur panjang di akhir pekan menyambut tahun baru 2022," jelas Dennies dalam risetnya.

Dennies memprediksi IHSG akan menguat pada Senin ini. Secara teknikal, candlestick membentuk lower high dan lower low disertai indikator stochastic yang membentuk deadcross mengindikasikan potensi pelemahan.

Investor masih berfokus mencermati kenaikan kasus COVUD-19 varian Omicron terutama di AS dan Eropa. Dari dalam negeri terjadi kenaikan kasus namun tidak signifikan.

"Investor juga akan mencermati data inflasi dari Indonesia. IHSG bergerak pada level support 6.559 dan 6.570 serta resistance 6.602 dan 6.623," pungkas Dennies.