Tergabung dalam Kontingen Sulsel, Seorang Sipir Lapas Makassar Ikut Berlaga pada PON XX Papua
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto menyemangati bawahannya yang akan mewakili Sulsel di PON XX Papua untuk cabang olahraga Karate. (ANTARA)

Bagikan:

Makassar--Seorang sipir Lapas Kelas I Makassar, Zesar, ikut bergabung dalam kontingen Sulawesi Selatan pada cabang olahraga karate untuk berlaga di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, 2-15 Oktober 2021.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel Harun Sulianto memberikan motivasi dan dukungannya kepada Zesar.

"Selamat berjuang, bertandinglah dengan sportif dan semoga hasil yang diperoleh dapat mengharumkan nama baik Sulawesi Selatan," ujar Harun di Makassar, Jumat 01 Oktober.

Ia menjelaskan Zesar adalah salah seorang bawahannya yang bertugas sebagai anggota Pengamanan Lapas Kelas I Makassar setiap harinya.

Zesar terpilih menjadi bagian dari kontingen Sulawesi Selatan pada cabang olahraga karate Komite Kelas 75 kilogram (kg) pada PON Papua. 

Selama berdinas di Lapas Kelas I Makassar sejak 2017, Zesar memang sangat aktif berlatih dan beberapa kali mengikuti kejuaraan. 

"Zesar adalah salah seorang pegawai kami yang memang rajin dan rutin berolahraga karate. Zesar juga sudah sering mewakili daerah atau instansinya mengikuti kejuaraan-kejuaraan dan kami pasti berharap agar Zesar bisa sukses di PON XX Papua," ujarnya.

Berlatih sejak kecil

Sementara itu, karateka Zesar mengaku bahwa ia telah berlatih karate sejak taman kanak-kanak (TK) pada perguruan Institut Karate-Do Nasional (Inkanas).

Zesar telah meraih berbagai juara diantaranya pada 2017 juara 1 Piala Mendagri di Lampung dan Juara 1 POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) Makassar.

Pada 2018 Juara 2 POM (Pekan Olahraga Mahasiswa) ASEAN Myanmar, Juara 1 Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulawesi Selatan, dan Juara 2 Japan Karate Shotorenmei (JKS) Bandung. Kemudian 2019 Juara 3 Pomnas Jakarta. 

Zesar dijadwalkan akan bertanding pada 11 Oktober hingga 14 Oktober 2021.

Ia meminta doa dan dukungan jajaran Kemenkumham Sulsel agar dapat menjalani pertandingan dengan hasil yang optimal.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!