Sulsel Akan Kirim Atlet pada Ekshibisi Kabadi pada PON XX Papua
Logo dan maskot PON XX Papua 2021.ANTARA/HO-PB PON Papua.

Bagikan:

MAKASSAR - Ketua Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Prof Andi Ihsan menjelaskan bahwa Sulawesi Selatan akan mengirim atlet untuk pertandingan ekshibisi kabadi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021.

"Hanya pertandingan ekshibisi kabadi yang akan diikuti Sulsel, karena hanya itu yang pernah masuk suratnya ke KONI Sulsel," kata Andi Ihsan di Makassar, Minggu 19 September.

Andi Ihsan mengungkapkan bahwa cabang olahraga kabadi baru masuk ekshibisi tahun ini dan dijadwalkan akan dipertandingkan pada PON selanjutnya.

"Karena masih harus biaya sendiri, jadi tidak ditargetkan dan belum resmi dipertandingkan, nanti PON selanjutnya baru dipertandingkan," kata Andi Ihsan.

Andi Ihsan menyampaikan tidak ada cabang olahraga baru yang diikuti atlet asal Sulsel di tahun ini, namun berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya mengikuti 30 cabang olahraga, kali ini Sulsel bisa mengikuti 32 cabang olahraga. 

Berlaga di 32 cabang olahraga

Kontingen Sulsel akan bertanding di 32 cabang olahraga pada PON XX Papua tahun 2021 sesuai dengan hasil pra PON yang digelar sebelumnya. Sulsel menargetkan 20 emas di tahun ini untuk mencapai target 10 besar pada PON XX Papua.

"Atlet yang akan berangkat ini tergantung dari banyaknya atlet yang lolos pra PON, dan kita lolos pada 32 cabang olahraga dengan berbagai nomor," ujar dia.

Sementara Andi Ihsan mengemukakan bahwa tuan rumah, Provinsi Papua meniadakan olahraga petang. Sebuah jenis olahraga berupa main kelereng dengan pola yang lebih besar.

"Malah olahraga petang tidak dipertandingan pada PON Papua karena tuan rumah tidak mau, mungkin tidak punya andalan begini," ujar dia.

Pada PON XX Papua, Kontingen Sulsel akan membawa 294 orang di antaranya atlet sebanyak 226 orang, didampingi oleh 68 pelatih, asisten pelatih dan mekanik.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!