Sekda Sulbar Perintahkan Pimpinan OPD Susun Perencanaan Sesuai Kebutuhan APBD
Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris (tengah) dan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Provinsi Sulbar Safaruddin Sanusi (tiga dari kiri). (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris memerintahkan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk merancang perencanaan di unit kerja masing-masing, sesuai dengan kebutuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Juga, merancang suatu perencanaan yang akhirnya bisa kita diskusikan dengan pihak lain," kata Muhammad Idris, pada forum revew dan evaluasi penyelenggaraan urusan Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Pemprov Sulbar 2021 dan 2022, Minggu 26 September.

Kegiatan yang diusulkan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulbar itu diselenggarakan di Desa Botteng, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju.

Pada kegiatan tersebut, para kepala bidang pada Dinas Kominfo dan Persandian Provinsi Sulbar mempresentasikan evaluasi 2021 dan rencana kerja tahun 2022. 

Idris menekankan pentingnya budaya kerja bersama. Ia mengungkapkan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, antara lain tantangan kerja seperti substansi "government office", ekosistem baru, visi-misi tentang keterbukaan informasi kepada publik, pengelolaan data, Infrastruktur, percepatan dan pembangunan SPBE serta penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas.

Dua program kinerja penting

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Provinsi Sulbar Safaruddin Sanusi mengungkapkan, terdapat dua program kinerja penting yang menjadi perhatian, yaitu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Satu Data Indonesia (SDI). 

"Dua poin ini juga menjadi perhatian utama pemerintah pusat. Yang lain, yang sementara berjalan adalah evaluasi keterbukaan informasi publik yang diselenggarakan Kementerian Kominfo, dan juga persiapan pada 29 September 2021, ada penerimaan penghargaan perumusan meta data dari pusat," ujar Safaruddin Sanusi.

"Ini yang pertama kalinya akan diterima Dinas Kominfo atau Pemprov Sulbar," tambahnya.

Dari semua review dan evaluasi kinerja yang disampaikan para kepala bidang, Safaruddin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kerja sama tim di Dinas Kominfo dan Persandiaan.

Ia berharap ke depannya dapat meningkatkan kualitas kinerja yang lebih tinggi lagi serta dapat memperbaiki dan mengevaluasi beberapa kelemahan yang masih ada.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!