Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkot Parepare Siap Laksanakan Pembangunan COVID Center
Ilustrasi konsultas untuk layanan RS dengan rencana pengadaan COVID-19 untuk meningkatkan layanan kesehatan di masa pandemi COVID-19. ANTARA Foto / Suriani Mappong

Bagikan:

MAKASSAR - Pemkot Parepare, Sulawesi Selatan menyatakan siap melaksanakan pembangunan COVID Center untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di masa pandemi COVID-19.

"Kita mengapresiasi COVID Center yang diproyeksi akan menjadi layanan kesehatan terintegritas atau terpadu," kata Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin, Dr Ansharia di Makassar, Rabu 21 Juli.

Menurut dia, inisiasi dari Wali Kota Parepare, Taufan Pawe tersebut mendapat respons positif dari para pakar kesehatan khususnya pada bidang Epidemiologi.

Dia mengatakan, pembangunan layanan itu sangat dinanti sebagai inovasi jangka panjang bagi penanganan penyakit menular.

"Penyediaan tempat perawatan dan isolasi memang sangat penting. Jangan dipusatkan di Kota Makassar, tetapi daerah harus berinovasi menyiapkan fasilitas COVID-19," katanya.

Beberapa fasilitas yang disediakan

Sebagai gambaran, fasilitas itu bisa berupa fasilitas penyediaan hotel untuk isolasi, rusunawa, penambahan kamar rumah sakit (RS), hingga pembangunan COVID Center yang segera hadir di Kota Parepare.

"Inovasi ini sangat bagus yang sifatnya jangka panjang. Selain untuk COVID-19, harusnya memang dapat menjadi pusat untuk penyakit menular lainnya," katanya.

Pemkot Parepare dapat menggandeng universitas sebagai upaya pengembangan. Ketika ada penyakit menular lainnya, bisa langsung dirujuk ke COVID Center Kota Parepare.

"COVID Center ini sangat bagus. Tetapi sebagai sumbang saran, sambil menunggu pembangunan rampung, harus ada program-program strategis lainnya yang menjadi back up. Misalnya percepatan vaksinasi," katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!