WNA India yang Mengidap COVID-19 B1617 Dirawat di RS Sulianti Saroso Sunter
RS Sulianto Saroso (DOK ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Kementerian Kesehatan mencatat terdapat warga Negara Asing (WNA) asal India yang datang ke Indonesia dalam keadaan positif COVID-19 dengan mutasi virus B1617.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut saat ini WNA India tersebut masih dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

"WNA asal India yang terinfeksi COVID-19 varian B1617 berada dalam kondisi stabil, sehat, dan masih dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso," kata Wiku dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 6 Mei.

Wiku menuturkan, pemerintah terus melakukan pemeriksaan spesimen whole genome sequencing untuk memetalan varian virus corona yang masuk dan beredar di Indonesia.

"Ini sedang dilakukan pengumpulan sampel dan lebih besar di daerah di mana varian-varian baru tersebut ditemukan," ujar Wiku.

Sudah perketat pengawasan

Wiku menyebut pemerintah sudah memperketat pengawasan di pintu masuk di wilayah Indonesia, seperti bandara, pelabuhan, dan daerah perbatasan dengan negara tetangga. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya varian baru COVID-19 lainnya.

Namun bagaimana pun juga, Wiku tetap meminta masyarakat untuk tetap patuh tergadap protokol kesehatan. "Untuk mencegah terjadinya penularan covid 19, saya meminta kepada masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yang dilakukan," ungkap Wiku.

Sebelumnya, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyatakan mutasi virus B1617 telah masuk ke Indonesia.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!