Jelang Idul Fitri, Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Gelar Pasar Murah
Ilustrasi - Seorang pedagang menunggu barang jualan berupa telur menjelang Idul Fitri. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Melalui Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Makassar, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri 1422 Hijriah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Fitriani M.P. di Makassar, Selasa, mengatakan pasar murah itu dibuka selama dua hari untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan Lebaran.

"Dalam pagelaran pangan murah ini kami menggandeng Mitra Tani untuk menyediakan beberapa komoditas yang nantinya akan dijual dengan cukup murah," ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan dilaksanakan selama dua hari, 5-6 Mei 2021 di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan (DKPn) Sulsel di Jalan Sam Ratulangi Makassar.

Dia menyatakan pasar murah ini untuk memudahkan warga mendapat bahan pangan bermutu dengan harga yang lebih murah ketibang di pasar umum menjelang Lebaran ini.

"Kami gelar jelang Idul Fitri karena sesuai pengalaman sebelumnya, bahan pangan cenderung mengalami kenaikan harga. Kami harap dengan gelar pangan murah ini, warga terbantu mendapatkan pangan dengan harga yang lebih murah," katanya.

Ada sembilan bahan pangan yang dijual dengan harga lebih murah dari pasar umumnya, yakni beras, bawang putih, bawang merah, telur, cabai rawit, gula pasir, minyak goreng, daging ayam, dan daging sapi.

"Yang pasti harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran. Misalnya, beras lima kilogram itu kami jual seharga Rp45 ribu, kalau di pasaran harganya itu kisaran Rp65 ribu dan begitu juga dengan komoditas lainnya," katanya.

Buka selama dua hari dan melayani selama dua jam

Fitriani menambahkan pasar murah hanya terbuka selama dua hari dan tiap hari hanya melayani pelanggan selama dua jam, yakni pukul 10.00-12.00 Wita.

Adapun yang ditawarkan kepada masyarakat, yakni beras kemasan lima kilogram dijual seharga Rp45 ribu, bawang putih Rp20 ribu per kg, bawang merah Rp20 ribu per kg, telur Rp38 ribu per rak, cabai rawit Rp10 ribu per kemasan, dan gula pasir Rp 12 ribu per kg.

Pasar Mitra Tani Makassar juga menyediakan minyak goreng seharga Rp12 ribu per liter, daging ayam Rp100 ribu per tiga ekor, dan daging sapi seharga Rp100 ribu per kg.

Kegiatan itu, kelanjutan dari kegiatan serupa yang diadakan Pasar Mitra Tani Makassar pada 21-22 April 2021. Sebagian besar pangan yang dijual dipasok langsung oleh petani dan perusahaan yang bermitra dengan Pasar Mitra Tani Makassar.

Ikuti info-info lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!