Menteri Trenggono Salurkan 10 Ton Ikan Beku ke Pesantren di Jateng dan Jatim untuk Penuhi Gizi Santri
Ilustrasi penyerahan bantuan dari KKP. (Foto: Dok. KKP)

Bagikan:

MAKASSAR - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan 10,85 ton ikan beku dan ribuan paket produk olahan ikan ke sejumlah pesantren di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan bantuan ikan beku dan produk olahan ikan merupakan bagian dari program Bulan Mutu Karantina dan juga program Gemarikan.

“Kegiatan ini memang rutin kami gelar dengan harapan dapat mendongkrak angka konsumsi ikan (AKI) masyarakat,” tuturnya di Jawa Timur seperti yang dilansir laman resmi, Senin, 3 Mei.

Dalam catatan dia, berdasarkan data sementara KKP,  Jateng dan Jatim periode 2020 masing-masing 34,56 kg/kapita dan 41,22 kg/kapita. Angka tersebut masih di bawah AKI nasional sebesar 56,39 kg/kapita.

“Program bantuan ikan beku dan produk olahan ikan juga untuk membantu pihak pondok pesantren dalam memenuhi kebutuhan pangan bergizi bagi para santri, khususnya saat bulan Ramadan,” tuturnya.

Tujuan program bantuan produk ikan

Selain itu, tujuan lain dalam program ini adalah memacu gerak roda ekonomi daerah karena produk olahan ikan yang dibagikan dibeli dari pelaku usaha perikanan setempat.

Dalam kesempatan yang sama,  Dirjen Penguatan Daya Saing Produk KKP Artati Widarti menyebut penyerahan bantuan dibarengi dengan kegiatan sosialisasi program Gemarikan.

"Sebelum mendapat bingkisan olahan ikan, para peserta mendapatkan informasi mengenai manfaat makan ikan, tips memilih ikan atau mengolah ikan dengan cara yang benar," ungkap Artati.

Meski penyerahan dilakukan di pesantren, ikan beku dan produk olahan ikan nantinya dibagikan juga ke masyarakat sekitar. Tiap pesantren mendapat satu ton ikan beku serta 500 paket produk olahan. Seperti abon ikan tuna, mie ikan bandeng, ikan teri krispi, keripik teripang, cumi krispi, abon ikan bandeng, otak-otak, hingga sambal ikan klotok.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!