PMI Makassar Berhasil Kumpulkan 218 Kantong Darah di Masjid Al Markaz
Pendonor sukarela mendonorkan darahnya melalui Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar berhasil mengumpulkan 218 kantong darah hingga 26 April 2021 pada kegiatan donor darah di Masjid Al Markaz Al Islami Makassar, Sulawesi Selatan.

Humas PMI Makassar Ahmad di Makassar, Selasa 27 April, menyampaikan, giat donor darah ini rutin diselenggarakan setiap bulan Ramadhan, kecuali tahun lalu karena pandemi COVID-19. Donor darah kali ini akan dilaksanakan dari tanggal 20 April hingga 10 Mei 2021.

"Alhamdulillah, walaupun tidak sebanyak bulan puasa waktu sebelum pandemi, tapi, Alhamdulillah bisalah sedikit membantu ketersediaan darah di PMI Kota Makassar," kata Ahmad.

Ia menyebut PMI Makassar berhasil mengumpulkan sekitar 40 kantong darah setiap malamnya dari giat donor darah di masjid kebanggaan masyarakat Makassar tersebut.

Pendonornya merupakan para pendonor yang memang rutin donor darah setiap tahun di Al-Markaz, termasuk di antaranya jamaah masjid, dan pengunjung pasar malam yang berada di area masjid.

Stok darah sangat minim

Terkait stok darah PMI selama Ramadhan, sebelumnya Kepala UTD PMI Kota Makassar dr Hj Sukmawati juga telah menyebut bahwa stok darah yang tersedia sangat minim dalam keadaan bulan Ramadhan.

Maka selain di Masjid Al Markaz, gerai donor darah juga dibuka di beberapa tempat, seperti Lego-lego CPI Makassar dan mobile donor, keliling dari satu tempat ke tempat lainnya termasuk di sejumlah masjid di Makassar.

"Sebelum Ramadhan, yang tersedia di bawah 500 kantong, padahal stok aman harusnya berada di angka 1.000 kantong darah, terlebih di bulan Ramadhan," katanya.

Animo masyarakat untuk mendonor diakui dr Sukma cukup menurun sejak pandemi. Namun hal ini juga bisa dipahami sebagai dampak dari pandemi yang memang mengharuskan masyarakat serba hati-hati yang mengakibatkan kurangnya perusahaan maupun pihak swasta yang bergerak melakukan donor darah secara massal.  

Ikuti info-info lainnya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!