ACT Salurkan Bantuan Sembako untuk Honorer Pemprov Sulbar
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menerima bantuan bencana dari aksi cepat tanggap (ACT) di Mamuju. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Lembaga relawan bencana Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalurkan bantuan sembako kepada pegawai honorer di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menerima sembako dari ACT untuk honorer yang terkena bencana gempa bumi 6,2 magnitudo di Mamuju, Selasa 13 April.

Selain bantuan sembako, ACT juga memberikan bantuan beras lima ton untuk para penyintas gempa di Sulbar.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengungkapkan apresiasi dan juga ucapan terima kasih kepada ACT atas bantuan yang diberikan. Ia juga mengajak masyarakat untuk kembali membangun daerah yang terdampak gempa.

Gubernur menjelaskan, telah mendirikan bangunan semi permanen untuk penyintas gempa di Sulbar dengan anggaran Rp7 juta per unit dengan total anggaran Rp7 miliar.

Kegiatan sosial telah dijalankan

Selain itu, katanya, telah dilakukan kegiatan sosial sebesar penanganan gempa sebesar Rp350 juta dan pemberian bantuan perbaikan rumah ibadah dengan anggaran Rp1 miliar.

"Sebagian kecil rumah ibadah sudah dilakukan perbaikan, namun juga terkendala karena memasuki bulan suci Ramadhan, namun akan kembali dilanjutkan setelahnya," ujarnya.

Sebelumnya pada 15 Januari 2021 gempa Sulbar menyebabkan korban meninggal sebanyak 108 orang, luka berat atau rawat inap sebanyak 278 orang dan luka ringan sebanyak 12.542 orang.

Untuk rumah yang rusak sebanyak 14.173 unit, dengan rincian rusak ringan sebanyak 6.260 unit, rusak sedang sebanyak 4.643 unit dan rusak berat sebanyak 3.270 unit yang tersebar di tiga kabupaten.

Data kerusakan bangunan pemerintah dan fasilitas umum sebanyak 101 unit, rumah jabatan lima unit, sekolah 139 unit, sarana kesehatan 23 unit, sarana ibadah 47 unit, sarana transportasi empat unit, jalan provinsi sebanyak dua ruas, jalan kabupaten 14 ruas, jembatan empat unit dan fasilitas umum lainnya dua unit.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!