Panglima TNI Jenderal Andika Resmi Membuka Super Garuda Shield Tahun 2022
Foto via Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menggelar latihan bersama Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2022 dari Pusat Latihan Tempur di Baturaja, Sumatera Selatan.

"SGS 2022 merupakan ajang latihan bersama dengan skala yang cukup besar antara Indonesia dan negara-negara sahabat di kawasan Indo-Pasifik," kata Andika, Rabu 3 Agustus dikutip dari Antara.

Saat meresmikan kegiatan, Jenderal Andika didampingi Commanding General United States Army Pacific Command (USQPARC) Jenderal Charles A Flyn.

Pembukaan latihan diawali dengan penyematan baret tanda peserta kepada perwakilan prajurit.

Latihan gabungan bersama Super Garuda Shield Tahun 2022 diselenggarapan pada 1-14 Agustus 2022 pada tiga lokasi berbeda, yakni Pusat Latihan Tempur di Baturaja, Pusat Latihan Tempur Marinir di Dabo Singkep, dan Pusat Latihan Tempur di Amborawang.

13 negara berpartisipasi

Sebanyak 13 negara berpartisipasi dalam latihan bersama itu, termasuk Indonesia. Negara yang terlibat antara lain Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Papua Nugini, Korea Selatan, India, Timor Leste, Kanada, Prancis, dan Inggris.

SGS 2022 merupakan latihan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) yang dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade serta menciptakan komunikasi antarpersonel negara peserta latihan dalam suatu operasi.