DPR Setujui dan Sahkan Jenderal Andika sebagai Panglima TNI
Suasana sidang paripurna di DPR RI (Foto: Nailin In Saroh/VOI)

Bagikan:

MAKASSAR - Secara resmi, Rapat Paripurna DPR RI telah menyepakati Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Andika adalah calon tunggal yang telah diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR RI pada pekan lalu.

Dalam laporannya, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menjelaskan Komisi I DPR telah ikut serta dalam uji kelayakan calon Panglima TNI pada Sabtu, 6 November untuk mendengarkan visi-misi Jenderal Andika.

Keputusan dalam Rapat Paripurna

Setelah itu, langsung dilanjutkan dengan penetapan keputusan, yaitu menyepakati pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI dan memberikan apresiasi atas dedikasinya selama memimpin TNI.

Kedua, memberikan persetujuan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Laporan tersebut kemudian ditanyakan untuk diambil keputusan paripurna. 

"Apakah laporan Komisi I DPR tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi dan persetujuan Jenderal Andika sebagai calon Panglima TNI dapat disetujui," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI, Jakarta, Senin, 8 November.

Selanjutnya, secara virtual dan langsung, seluruh anggota DPR yang mengikuti Rapat Paripurna tersebut menyatakan setuju Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI dan dilanjutkan foto bersama. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!