Imbau Menteri Kerja Serius dan Tidak Kampanye, Jokowi: Mendag Saya Tugaskan Turunkan Harga Minyak Goreng
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan di Pasar Ciracas, (Foto via Kemendag)

Bagikan:

MAKASSAR - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas terekam video memberikan minyak goreng gratis dan meminta anaknya, Futri Zulya Savitri dipilih saat pemilihan umum (pemilu). Kejadian ini ramai di media sosial dan mengundang perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepada menterinya, Jokowi berpesan agar seluruh menterinya fokus bekerja. Hal tersebut disebutkannya usai memberikan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa, 12 Juli.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja," kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Khususnya Mendag Zulkifli Hasan, Jokowi telah meminta untuk mengurusi masalah minyak goreng. Dia berharap komoditas tersebut dapat ditekan.

"Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," tegas eks Gubernur DKI Jakarta itu sambil mengingatkan Zulhas tetap turun ke pasar.

Harapan Jokowi tentang harga minyak goreng di pasar

Jokowi memastikan dirinya juga akan terus melakukan pemeriksaan harga di pasar. Dia ingin minyak goreng curah bisa berada di kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya.

"Karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium," ungkapnya.

Dari hasil pengecekan tersebut, harga minyak curah memang sudah di angka tersebut. Tapi, di luar Pulau Jawa harganya ternyata masih tinggi.

Sehingga, Jokowi memerintahkan Mendag untuk membereskan masalah itu. "Kalau di luar Jawa masih ada yang di atas Rp14 ribu, satu persatu akan kita selesaikan," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengimbau menteri lain fokus mengurusi masalah energi dan pangan. Jangan sampai Indonesia terpeleset di dua bidang tersebut.

"Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan, ini penting. Ini saya urus terus urusan yang berkaitan dengan BBM, urusan yang berkaitan dengan energi itu misalnya batu bara semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," ujar Jokowi.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.