Berita Sulsel Terkini: Jelang Idul Adha, Pemkab Bone Kirim Ratusan Ekor Sapi ke Kaltim
Suasana persediaan sapi di salah satu kandang peternak untuk memenuhi kebutuhan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijrian atau 2022 di Kabupaten Bone, Sulsel. Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Melalui Perumda Ellung Mangenre, Pemerintah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, mengirim ratusan ekor sapi ke Kalimantan Timur menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Pengiriman sapi kurban secara bertahap ini sudah dimulai awal pekan dan terus berlanjut hingga setelah hari raya," kata Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi menanggapi suplai sapi dari Kabupaten Bone, Selasa 05 Juli.

Dia menjelaskan, pengiriman sapi jantan yang difasilitasi Perumda itu terlebih dahulu diperiksa kesehatan secara lengkap sebelum dikirim ke Kaltim.

Salah satu lokasi pengumpulan komoditi sapi itu berada di Lapangan Sepak Bola Desa Lompu, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone.

Fahsar mengimbuhkan, Kabupaten Bone merupakan lima kabupaten di Indonesia yang memiliki populasi sapi ternak terbesar di Indonesia.

Perumda Balikpapan jalin kemitraan dengan Perumda Bone

Karena itu, Perumda Balikpapan menjalin kemitraan dengan Perumda Kabupaten Bone untuk menyuplai komoditi sapi ke Kaltim.

Sementara itu, Direktur Perumda Ellung Mangenre A Dirga Baso mengungkapkan, pengiriman sapi itu menindaklanjuti penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone dengan Perumda Manuntung Kota Balikpapan.

Dia mengatakan, untuk tahap awal sebanyak 62 ekor sapi jantan dikirim ke Kota Balikpapan, kemudian menyusul 200 ekor sapi.

"Ini sesuai dengan permintaan MoU yang sudah dibangun dua bulan yang lalu," kata A Dirga.

Selain mengirim komoditi sapi jantan, lanjut dia, ke depan Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone merencanakan akan berupaya mengirim sejumlah komoditi andalan Kabupaten Bone lainnya seperti beras, jagung dan rumput lain.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.

Terkait