Berita dari Sulsel Terbaru: Sulsel Fokus Optimalkan Lahan Pekarangan Rumah Jaga Pangan
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melihat tanaman cabai di lahan pekarangan rumah warga. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Sulawesi Selatan fokus mengoptimalkan program pemanfaatan lahan pekarangan rumah dalam upaya menjaga kemandirian pangan masyarakat.

​Plt Dinas Ketapang Sulsel Kemal Redindo Syahrul Putra di Makassar, Senin, menjelaskan saat ini pihaknya telah membina puluhan kelompok tani yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan diantaranya di Luwu, Kabupaten Bone, Gowa dan lainnya.

"Program pemanfaatan pekarangan rumah ini sudah berjalan dan telah menunjukkan hasil. Kita juga telah membina 60 kelompok tani agar dapat membantu meningkatkan perekonomian mereka," katanya.

Pemanfaatan lahan pekarangan

Ia menjelaskan, mahalnya harga cabai saat ini tentunya akan membuat program ini semakin berkembang. Apalagi hampir setiap orang bisa melakukan karena luas lahan yang digunakan tidak perlu luas seperti halnya padi.

"Jadi minimal untuk dikonsumsi sendiri (hasil budi daya tanaman di pekarangan rumah). Namun jika memang lebih diseriusi tentunya dapat membantu perekonomian keluarga," ujarnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), juga mengajak para petani dan masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga.

SYL mengatakan, pekarangan rumah dapat dimanfaatkan sesuai dengan selera dan keinginan misalnya dengan menanam tanaman produktif seperti sayur-sayuran, umbi-umbian, buah-buahan, ternak, dan ikan, sumber obat-obatan atau apotik hidup, sumber bumbu dan rempah masakan.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.