Patron, Anjing Ukraina Jenis Terrier Jack Russell yang Berhasil Lacak 200 Bom Milik Rusia
Patron adalah anjing jenis Terrier Jack Russell (Foto via president.gov.ua)

Bagikan:

MAKASSAR - Tampang Patron memang imut sebagai anjing. Namun, jangan terkecoh, kemampuan mengendus bahan peledaknya mungkin sudah berhasil menyelamatkan ratusan warga maupun prajurit Ukraina dari invasi Rusia.

Patron merupakan anjing jenis Terrier Jack Russell. Dia berhasil mendeteksi lebih dari 200 bahan peledak dan mencegah meledak perang dengan Rusia mulai berkecamuk.

Patron dengan cepat menjadi simbol anjing patriotisme Ukraina.

Jadi tidak heran, Presiden Volodymyr Zelensky memberikan medali pada Minggu 8 Mei kemarin kepada anjing ini. Bukan itu saja, penghargaan juga diberikan kepada pemiliknya untuk mengakui pengabdian mereka sejak invasi Rusia, dilansir dari NBC News, Senin 9 Mei.

Penghargaan diberikan saat konferensi pers di Kyiv

Penghargaan makin terasa spesial karena diberikan Zelensky saat menyelenggarakan konferensi pers di Kyiv dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Ketika tampil, Patron menggonggong dan mengibaskan ekornya, memicu tawa dari hadirin.

Trudeau merogoh sakunya seolah-olah sedang mencari makanan anjing.

"Hari ini, saya ingin memberikan penghargaan kepada para pahlawan Ukraina yang telah membersihkan lahan ranjau kami. Dan bersama dengan pahlawan kita, pencari ranjau kecil yang luar biasa - Pelindung - yang membantu tidak hanya untuk menetralisir bahan peledak tetapi juga untuk mengajari anak-anak kita aturan keselamatan yang diperlukan di daerah di mana ada ancaman ranjau," kata Zelensky dalam sebuah pernyataan setelah upacara.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

 

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.