Tegaskan Kecamannya Atas Invasi Ukraina Sebagai Agresi Bersenjata, Paus Fransiskus: Atas Nama Tuhan, Hentikan Pembantaian Ini
Paus Fransiskus. (Tangkapan layar YouTube/Vatican News)

Bagikan:

MAKASSAR - Paus Fransiskus menegaskan kecamannya yang paling keras atas invasi Rusia ke Ukraina, dengan menyebutnya sebagai agresi bersenjata yang tidak dapat diterima, dan mengimbau agar pembantaian dihentikan.

Paus Fransiskus tidak menyebut kata 'Rusia' dalam kecamannya terhadap perang sejak Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi pada 24 Februari. Namun, pilihan kata Paus tampaknya semakin ditujukan untuk menolak pembenaran Moskow atas invasi tersebut.

"Menghadapi kebiadaban pembunuhan anak-anak, orang tak berdosa dan warga sipil tak bersenjata, tidak ada alasan strategis yang dapat menahannya," katanya kepada 25.000 orang di Lapangan Santo Petrus, Vatika selama pemberkatan hari Minggunya, melansir Reuters 14 Maret.

Moskow menjelaskan tindakannya dirancang bukan untuk menduduki wilayah, tetapi untuk demiliterisasi dan denazifikasi tetangganya. Selain itu, Moskow juga membantah menargetkan wilayah sipil.

"Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah menghentikan agresi bersenjata yang tidak dapat diterima ini sebelum itu mengubah kota menjadi kuburan," tegas Paus Fransiskus.

"Atas nama Tuhan, saya meminta Anda hentikan pembantaian ini!" pinta Paus Fransiskus, sebelum meminta orang banyak untuk bergabung dengannya dalam doa hening untuk mengakhiri perang.

Singgung Pelabuhan Mariupol

Dalam kesempatan tersebut Paus Fransiskus juga menyinggung Pelabuhan Mariupol yang terkepung di Ukraina sebagai 'kota martir, serta sekali lagi meminta koridor kemanusiaan yang benar-benar aman untuk memungkinkan warga mengungsi.

Pekan lalu, Rusia menjatuhkan bom di sebuah rumah sakit bersalin di Mariupol pada Hari Rabu. Ukraina menyebutkan wanita hamil termasuk di antara mereka yang terluka. Adapun Rusia mengatakan rumah sakit itu tidak lagi berfungsi dan telah diduduki oleh pejuang Ukraina

Pada Hari Minggu, Paus Fransiskus juga mendesak orang-orang untuk menerima pengungsi dari Ukraina dan berterima kasih kepada mereka yang telah bergabung dengan "jaringan solidaritas yang besar" untuk membantu mereka yang melarikan diri dari perang.

Paus Francis tampak sangat muram. Setelah salam singkat yang tidak biasa kepada kelompok-kelompok di alun-alun, dia meninggalkan jendela di lantai atas Istana Apostolik dan kembali ke perpustakaan kepausan.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.