Beri Tanggapan Terhadap Kasus Penembakan Pegawai Dishub Makassar, Politisi Senayan: Sipil Tak Boleh Punya Senpi Tanpa Izin
Photo by Thomas Def on Unsplash

Bagikan:

MAKASSAR - Polisi diminta serius untuk mengusut kepemilikan dan perizinan senjata pelaku penembakan yang membuat tewas Najamuddin Sewang (33 tahun) pegawai Dinas Perhubungan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Warga sipil tidak boleh memiliki senjata api tanpa izin dari pihak yang berwenang, Kepolisian harus mengusut izin dan asal usul senjata api tersebut,” jelas Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi, Senin 18 April dikutip dari Antara.

Andi Rio meminta kepolisian menyatakan secara transparan apakah senjata api yang dipergunakan terduga pelaku merupakan standar kepolisian dan TNI atau nonorganik yang bukan standar TNI dan Polri.

Menurut dia, langkah itu perlu dilakukan agar jangan sampai aksi “koboi” jalanan semakin merebak dan banyak masyarakat yang khawatir.

Andi Rio menyebutkan kepemilikan senjata api tidak mudah dan harus melewati berbagai proses tes secara psikologis, kesehatan, dan pelatihan menembak atau sertifikasi.

Kepemilikan senjata api sudah ditentukan Kapolri

Menurut dia, kepemilikan senjata api bukan untuk arogansi atau melakukan aksi kejahatan, bahkan menghilangkan nyawa seseorang sehingga hal itu tidak dibenarkan.

“Kepemilikan izin senjata api sudah ditentukan oleh Peraturan Kapolri, siapa saja yang boleh memiliki senjata api untuk olahraga dan bela diri," katanya.

Sebelumnya, Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, segera merilis secara lengkap pengungkapan serta pekerjaan eksekutor penembak yang menewaskan petugas Dinas Perhubungan Kota Makassar Najamuddin Sewang di Jalan Danau Tanjung Bunga, Minggu (3/4).

“Perkara atau kasus penembakan yang terjadi pada tanggal 3 April 2022 sudah berhasil diungkap dan kita tangkap pelakunya. Untuk tersangka kami beri inisial S, MIA, AKM, dan A," kata Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto, Minggu (17/4).

Budhi mengatakan peran masing-masing tersangka ada yang menjadi eksekutor, menggambar, dan otak pelaku penembakan.

Tim Gabungan Polres Makassar menangkap pria berinisial MIA yang diketahui menjabat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar di rumah pribadinya Jalan Muhammad Tahir pada Sabtu (16/4) sore.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.