Bareskrim Sebut Binomo Berpusat di Rusia dan Dikendalikan 404 Group
Kasubdit Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Chandra Sukma Kumara/FOTO; Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

MAKASSAR - Bareskrim Polri mengatakan pusat trading ilegal Binomo terletak di Rusia dan dikendalikan oleh Perusahaan 404 Group.

"Memang Binomo di Rusia itu masuk ke Indonesia," ujar Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Chandra Sukma Kumara kepada wartawan, Kamis, 7 April.

Perusahaan 404 Group ini menyebarkan trading Binomo ke Indonesia melalui seorang penghubung yaitu Brian Edgar Nababan. Dia dipekerjakan oleh perusahaan itu sebagai Development Manager Binomo.

Kemudian, Brian Edgar mulai merekrut afiliator. Mereka adalah Indra Kesuma alias Indra Kenz dan Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich.

"BN menggaet orang-orang yang influencer-influencer ini. Fakar 2019, Fakar kemudian menggaet IK," kata Chandra.

Dari kedua afiliator itu, jerat trading ilegal Binomo mulai menyebar ke seluruh masyarakat. Penipuan ini menyebabkan kerugian yang diperediksi puluhan hingga ratusan miliar.

Dengan terungkapnya keberadaan pusat trading ilegal Binomo, Bareskrim akan mengusut sosok master mind di baliknya. Pengumpulan petunjuk dan informasi terus dilakukan.

"Sementara gitu ya karena si BEN kan bekerja untuk 404 group ini untuk menempatkan Binomo di Indonesia begitu," kata Chandra.

Total tersangka berjumlah empat orang

Sebagai informasi, dalam kasus ini total sudah ada empat tersangka. Pertama, Indra Kesuma alias Indra Kenz. Dia merupakan afiliator Binomo.

Kemudian, Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich. Dalam kasus ini, dia berperan sebagai guru atau mentor dari Indra Kenz.

Selanjutnya, Brian Edgar Nababan yang berperan sebagai Development Manager Binomo. Dia juya yang merekrut Indra Kenz dan Fakar sebagai afiliator.

Teranyar, penyidik menetapkan Wiki sebagai tersangka. Dia berperan sebagai admin akun telegram Indra Kenz.

404 Group disebutkan perusahaan pengembang bisnis yang berbasis internet. Entitas ini berpusat di St. Petersburg, Rusia. Dari laman resmi perusahaan itu diketahui bahwa mereka telah berdiri sejak 2013 dengan fokus pada pemanfaatan teknologi informasi.