Selama Ini Kerap Gaungkan Industri 4.0 Hingga Metaverse, Rizal Ramli Kritik Ritual Kendi yang Dijalani Jokowi di IKN Nusantara
Presiden Jokowi (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Bagikan:

MAKASSAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya yang kerap menggembor-gemborkan kemajuan zaman yang akan diadaptasi di Tanah Air dipertanyakan politikus Rizal Ramli karena menjalani "ritual" dalam kegiatan menuju pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Ritual yang identik dengan mistis dijalankan Jokowi bersama 33 gubernur se-Indonesia di titik nol IKN Nusantara pada Senin 14 Maret pagi.

"Maunya sih Metaverse, 4.0, Blockchain, Artificial Intelligence , Cloud Computing dan sebagainya, tapi masih kalah dengan *Magic 4.0," tulis Rizal Ramli dalam akun Twitternya, @RamliRizal, Senin 14 Maret.

Menurut Rizal Ramli, apa yang sering disuarakan Jokowi dan jajarannya untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga melepas teknologi lama yang telah usang tidak sejalan dengan kegiatan di IKN Nusantara hari ini.

Rizal seolah mengisyaratkan industri 4.0. atau era revolusi industri keempat, blockchain alias penyimpanan bank data secara digital, hingga metaverse yaitu dunia virtual yang memungkinkan orang dapat berinteraksi dengan individu lain, berlawanan dengan ritual Kendi Nusantara.

"Gubernur se-Indonesia Kumpul di IKN, Bawa Air-Tanah untuk *Ritual Kendi Nusantara*," jelasnya.

Prosesi ritual Kendi Nusantara

Ritual menuang Kendi Nusantara yang dilakukan Jokowi dan 33 gubernur telah rampung dilakukan. Prosesi itu diawali dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Proses selanjutnya, para gubernur menyerahkan tanah dan air yang dibawa dari daerah masing-masing kepada Jokowi.

Jokowi kemudian menggabungkan semua tanah dan air yang dibawa para gubernur dari provinsi masing-masing ke dalam gentong besar di sampingnya. Kegiatan ritual ini diisyaratkan sebagai filosofi mengingat kearifan leluhur. Prosesinya juga dipublikasikan langsung dalam akun YouTube Sekretariat Presiden.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.