Pelindo Terapkan Beberapa Langkah Strategis dalam Hadapi Pandemi
Ilustrasi suasana ekspose dan paparan strategi PT Pelindo menghadapi pandemi COVID-19 dan varian baru Omicron agar perusahaan milik negara ini tetap eksis. Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Perusahaan jasa kemaritiman milik negara, yakni PT Pelindo menjalankan tiga langkah strategis dalam menghadapi pandemi COVID-19 agar tetap eksis.

"Selama masa pandemi COVID-19, Pelindo telah melakukan beberapa strategi untuk tetap menjalankan bisnis Perseroan," kata Regional Head 4 Pelindo Dwi Rahmad Toto mengutip pernyataan Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono di Makassar, Senin 28 Februari.

Ketiga strategi tersebut antara lain pemberlakuan SOP dan protokol kesehatan, konektivitas sistem integrasi dan pelayanan operasi pelabuhan 24/7 atau 24 jam selama 7 hari.

Rahmad Toto menjelaskan, pernyataan Dirut Pelindo tersebut sudah disampaikan kepada Komisi VI DPR RI saat melakukan kunjungan ke Makassar untuk memahami perkembangan dan strategi yang dilakukan Pelindo selama dan pasca pandemi COVID-19.

Tulang punggung ekonomi wilayah Indonesia Timur

Sementara itu, saat melakukan dengan tim Pelindo Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengatakan, pihaknya juga ingin mengetahui lebih jauh terkait langkah strategis sektor maritim, karena menjadi tulang punggung ekonomi, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Menanggapi hal tersebut, Rahmad Toto mengatakan, pada paparan Dirut dijelaskan fokus layanan bisnis Pelindo yaitu peti kemas, non peti kemas, logistik dan hinterland, serta marine dan equipment.

"Saat ini sedang menangani beberapa proyek besar, salah satunya Makassar New Port (MNP) yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional atau PSN dan berlokasi di Makassar," katanya.

Setelah proyek MNP selesai, lanjut dia, lapangan penumpukan peti kemas yang eksisting saat ini akan dipindahkan ke Pelabuhan Baru Makassar yang juga akan terintegrasi dengan kawasan industri untuk mengefisiensikan arus logistik.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link tersebut untuk update info terbaru.