Jelang Natal & Tahun Baru, Arus Penumpang di Pelabuhan Makassar Naik 32,38 Persen
Suasana aktivitas penumpang di Pelabuhan Makassar. Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Manajemen PT Pelindo Regional 4 Makassar menyatakan arus penumpang di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, naik sebesar 32,38 persen.

"PT Pelabuhan Indonesia (Persero) mencatat adanya peningkatan arus penumpang kapal khususnya di Pelabuhan Makassar sebesar 32,38 persen dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun lalu," kata General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Enriany Muis di Makassar, Rabu 22 Desember. 

Dia menjelaskan peningkatan tersebut didapatkan dari aktivitas arus naik dan turun penumpang kapal di Pelabuhan Makassar saat H-7 hingga H-4 Natal tahun ini.

Apabila dibandingkan H-7 hingga H-4 Natal tahun lalu, jumlah penumpang yang naik dan turun mengalami peningkatan sebesar 32,38 persen, yaitu dari 5.105 orang menjadi 6.758 orang pada periode yang sama tahun ini.

Imbauan Protokol Kesehatan

Mengingat Indonesia masih belum bebas dari pandemi COVID-19, lanjut Enriany, Pelindo tetap mengimbau masyarakat yang berencana menggunakan moda transportasi laut untuk selalu menjalankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan COVID-19.

“Kami juga memasang spanduk himbauan terkait prokes pencegahan penularan COVID-19, dan menyiapkan alat pengukur suhu bagi calon penumpang kapal,” ujarnya.

Mengenai kenyamanan dan keamanan penumpang, Pelindo juga sudah menyediakan koneksi dan perlengkapan CCTV yang memadai di ruang tunggu terminal penumpang.

Manajemen Pelindo juga telah menyiapkan berbagai fasilitas di Pelabuhan Makassar seperti area atau ruangan untuk beristirahat bagi penumpang lanjutan, alat bantu berupa kursi roda untuk penumpang penyandang disabilitas, dan juga ruang khusus menyusui.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!