Tiga Parpol Pengusung Berikut Usulkan Calon Wagub Sulsel
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Bupati Luwu Timur yang digelar secara hybrid untuk sisa Masa Jabatan 2021-2026. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Tiga Partai Politik pengusung antara lain Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengerucutkan nama calon wakil gubernur yang akan mendampingi Andi Sudirman Sulaiman bila ditetapkan sebagai Gubernur Sulsel definitif, setelah mantan gubernur Nurdin Abdullah divonis bersalah.

"Dalam waktu dekat ini dibicarakan, tapi sudah ada nama-nama yang beredar," jelas Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Irfan AB kepada wartawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin 20 Desember. 

Ketika ditanyakan mengenai namanya yang tercatat dalam bursa calon Wagub, kata dia, siap maju bila diberikan amanah untuk bersaing dengan calon usulan dari dua partai pengusung lainnya.

"Kita harus siap kalau ditugaskan partai, jadi tidak ada alasan untuk tidak siap," ujar Ketua Badan Kehormatan DPRD Sulsel ini.

Meskipun demikian, belum ada keputusan resmi dari partai siapa figur yang didorong sejauh ini, begitupun rapat pleno yang belum dilaksanakan. Ketua DPW PAN Sulsel juga menjelaskan, ada beberapa nama kader muda yang diusulkan.

"Ada beberapa nama dipertimbangkan, seperti Irfan AB, Usman Lonta, Syamsuddin Karlos, Andi Irwandi Natsir serta Nurkanita Marudanni. Kalau saya sendiri masih tetap lanjut di Senayan," jelas Kahfi yang kini menjabat anggota DPR RI.

Masih menunggu persetujuan

Sementara itu, Andi Ansyari Mangkona dari PDI-P yang namanya masuk calon Wagub, mengaku merasa terhormat diusulkan. Hanya saja, ia masih menunggu persetujuan DPP PDI-P terkait posisi tersebut.

"Sebagai kader pada prinsipnya menerima perintah dan penugasan partai. Ini kita tinggal menunggu DPP, dilihat nanti apakah disetujui atau tidak. Ini kan baru usulan, nanti kita lihat perkembangannya. Karena ada beberapa tahapan. Bila sampai Maret 2022 tidak terproses, maka tidak ada lagi calon," ujarnya menjelaskan.

Secara terpisah, Ketua Polhukam DPW PKS Sulsel, Ariady Arsal dikonfirmasi perihal calon Wagub dari partainya menyebutkan ada dua nama, yakni dirinya dan Amri Arsyid. Meskipun demikian, arahan DPP tetap diprioritaskan Amri Arsyid diketahui sebagai Ketua DPW PKS Sulsel.

"Kita berharap status Plt Gubernur bisa defenitif, kalau bisa pekan depan sudah defenitif, maka teman-teman partai pengusung segera melakukan rapat mengodok perwakilan nama untuk disetujui menjadi wakil gubernur," tutur anggota TGUPP Sulsel itu berharap.

Ikuti info dan berita lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!