Sebanyak 20 Daerah di Sulawesi Selatan Terima Penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Sehat dari Kemenkes
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Ketua PKK Naoemi Octarina menyerahkan penghargaan kabupaten/kota sehat kepada perwakilan daerah penerima. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Sejumlah 20 daerah di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima penghargaan Swasti Saba, penghargaan untuk kabupaten dan kota sehat berdasarkan penilaian yang dilakukan tahun 2019-2020 oleh Kementerian Kesehatan.

Penerima penghargaan dalam penyelenggaraan kabupaten/kota sehat Tahun Penilaian 2019-2020 di Sulawesi Selatan meliputi Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Enrekang, Pinrang, Sidenreng Rappang, Barru, Bone, Wajo, Soppeng, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Kepulauan Selayar, Sinjai, Parepare, dan Palopo.

"Memang kita terbaik nasional dan itu dibuktikan dengan banyaknya kabupaten yang mendapatkan penghargaan. Jadi, sisa empat daerah (yang belum dapat penghargaan)," kata Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Jumat 26 November.

Andi mengapresiasi kinerja seluruh instansi yang menerapkan upaya-upaya untuk mewujudkan kabupaten dan kota sehat, termasuk menurunkan angka kasus stunting dan membebaskan masyarakat kebiasaan buang air besar sembarangan (BABS).

"Sistem sanitasi kita dan penanganan stunting ada peningkatan. Ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak. Kita harus bekerja komprehensif," katanya.

Andi meminta pemerintah kabupaten dan kota di wilayahnya untuk meneruskan upaya untuk mengatasi masalah gizi pada anak di wilayah masing-masing.

Bantuan keuangan untuk pemkab dan kota

Pemerintah provinsi, menurut dia, akan meningkatkan bantuan keuangan bagi pemerintah kabupaten dan kota yang menjalankan program penurunan kasus stunting, masalah gizi kronis yang mengakibatkan pertumbuhan anak terganggu sehingga menjadi tengkes.

"Jadi parameter bantuan keuangan daerah melihat nilai ekspor, menurunkan angka kemiskinan dan stunting, dan capaian vaksin," katanya.

Sejumlah daerah di Sulawesi Selatan juga memperoleh beberapa penghargaan di bidang kesehatan.

Kabupaten Bantaeng, Bone, Sinjai, Takalar, dan Pinrang mendapatkan penghargaan Kategori Kinerja Konvergensi Penanganan Stunting Terintegrasi.

Selain itu, Kementerian Kesehatan menganugrahkan penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) kepada Luwu Timur, Tana Toraja, Bone, Gowa, Takalar, Bulukumba, Jeneponto, Sinjai, Luwu Utara, Enrekang, Pinrang, Wajo, Barru, Bantaeng, Sidrap, Parepare, dan Palopo.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!