Jelang Hari Pahlawan, Organisasi Kepemudaan Sulsel Gelar Tabur Bunga
Sejumlah pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan di Sulsel saat menyambangi Taman Makam Pahlawan Panakkukang Makassar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Menjelang Hari Pahlawan Nasional pada 10 November mendatang, sejumlah organisasi kepemudaan di Sulawesi Selatan menyelenggarakan ritual tabur bunga pada Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang Makassar.

Organisasi Kepemudaan tersebut yakni Generasi Muda Tionghoa Indonesia (Gema Inti) Sulsel, Pemuda Katolik, Komite Nasional Pemuda Indonesia Sulsel dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia. Mereka berkolaborasi melakukan pula anjangsana bakti sosial sekaligus tabur bunga.

Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November ini menjadi ajang silaturahmi kelompok pemuda dari berbagai unsur.

"Harapan saya dalam kegiatan yang terlaksana hari ini agar para generasi muda tetap mengingat dan menghormati jasa-jasa para pahlawan," ujar Sekretaris GEMA INTI Sulsel Ronald Hartono.

Nilai kepahlawanan sebagai modal sosial

Kegiatan ini, jelas Ronald, bertujuan untuk menumbuhkan nilai kepahlawanan sebagai modal sosial untuk diimplementasikan dan didayagunakan dalam mengentaskan berbagai permasalahan.

"Sehingga semangat kepahlawanan seperti cintai tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, suka menolong dan sebagainya menjadi sumber motivasi dan modal untuk mengatasi berbagai masalah dan sekaligus memacu guna mewujudkan tujuan dan harapan bersama bangsa Indonesia," urainya.

Sementara pengurus KNPI Sulsel Arul yang turut hadir menjelaskan kegiatan jelang Hari Pahlawan adalah sebuah aksi sederhana untuk merefleksikan penghormatan bagi para pahlawan kita.

"Kegiatan bakti sosial ini sebagai bentuk rasa penghormatan, kepedulian dan penghargaan kita terhadap jasa pahlawan yang telah mengantarkan Indonesia menuju kemerdekaan," kata Arul dari KNPI Sulsel.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!