Didampingi Ma’ruf Amin, Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata
Presiden Joko WIdodo (Foto: Tangkapan layar)

Bagikan:

MAKASSAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Selasa, 10 November sekitar pukul 08.00 WIB.

Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Jokowi tampak mengenakan jas berwarna biru tua lengkap dengan peci hitam dan masker, sedangkan Ma'ruf menggunakan jas berwarna abu-abu, berpeci hitam, dan menggunakan masker hitam.

Protokol kesehatan dalam acara

Seluruh peserta upacara yang hadir dalam kegiatan itu menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti menjaga jarak dan menggunakan masker. Hal ini diterapkan karena upacara digelar di tengah pandemi COVID-19.

Dalam upacara tersebut, dilaksanakan penghormatan terhadap para pahlawan yang telah gugur dan disemayamkan di TMP Kalibata.

Setelah penghormatan diberikan, sirine dibunyikan cukup lama. Hal ini dilakukan dalam rangka mengenang pecahnya peristiwa 10 November di Surabaya yang selanjutnya diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Selanjutnya, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta yang diiringi alunan musik. "Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," ujar Jokowi.

Sebelum acara berakhir, eks Gubernur DKI Jakarta itu sempat meletakkan karangan bunga yang selanjutnya diteruskan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Wahai Tuhan yang mengajarkan kesetiaan. Wahai Tuhan yang menghias pribadi-pribadi mulia dengan kesabaran. Wahai Tuhan yang memerintahkan manusia untuk bersyukur sesama manusia, sebagaimana Engkau memerintahkan kami untuk memuja-Mu dan mencipta alam raya. Tegur kami dengan kelembutan rahmat-Mu jika kami tak pandai bersyukur atas anugerah bernama Indonesia Merdeka," kata Yaqut dalam doanya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!