Pasar Sumpang Minangae Parepare Raih Juara 1 Lomba Pasar Aman Tingkat Nasional
Tangkapan layar pemenang Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas pada pertemuan virtual BPOM pada peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2021. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Pasar Sumpang Minangae di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, meraih juara 1 tingkat nasional pada Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas yang diselenggarakan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Hal itu dikemukakan Kepala Balai Besar POM Makassar Hardaningsih disela pertemuan virtual  di Makassar, Selasa 22 Juni.

Menurut dia, pengumuman lomba tersebut disampaikan pada peringatan  Hari Keamanan Pangan Sedunia 2021 dan Launching Dukungan Badan POM untuk UMKM Pangan di Jakarta dan diikuti secara virtual oleh seluruh BBPOM di daerah.

Pada kesempatan tersebut, tiga juara nasional yakni juara 1 Pasar Sumpang Minangae, Kota Parepare, Sulsel, selanjutnya juara 2 Pasar Gentan Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan Juara 3 diraih Pasar Tani di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Penuhi Kriteria dalam Sejumlah Tahapan

Menurut Hardaningsih, terpilihnya Pasar Sumpang Minangae yang masuk dalam wilayah pemantauan dan wilayah kerja BBPOM Makassar sudah melalui sejumlah tahapan. 

Dalam hal ini, produk yang diperjualbelikan adalah bahan pangan yang aman dari zat-zat berbahaya. 

Hal itu dibenarkan salah seorang pengelola Pasar Sumpang Minangae H Bustaman Salim.

Menurut dia, pihaknya senantiasa mengontrol produk yang diperjualbelikan pedagang di pasar yang menjadi wilayah kerjanya. 

"Yang jelas, semua yang diperjualbelaikan di pasar selain bersih dan higienis, juga harus aman dari zat berbahaya," ujarnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!