Meski Masuki Musim Pancaroba, Harga Sembako di Makassar Relatif Stabil
Telur ayam ras yang dijual di pasar tradisonal Pasar Terong. ANTARA/Suriani Mappong

Bagikan:

MAKASSAR - Harga sembako di Kota Makassar, Sulawesi Selatan relatif stabil, hal ini disebabkan ketersediaan barang cukup aman meski saat ini dalam musim pancaroba.

"Alhamdulillah, sampai saat ini distribusi barang masih lancar dan stoknya masih tersedia, sehingga harga sembako masih relatif stabil," kata salah seorang pedagang H Bahri di Pasar Terong, Makassar, Selasa 31 Agustus.

Dia menjelaskan, harga yang diperoleh dari pihak distributor masih sama saat awal bulan Agustus 2021.

Hal senada dikemukakan pedagang di Pasar Pannampu, Makassar Hj Rustina.

Koordinasi ke sentra produksi

Menurut dia, untuk harga telur ayam ras masih stabil Rp38 ribu per rak, sedang harga beras premium rata-rata masih dilepas ke konsumen Rp8.500 per kilogram. Untuk minyak goreng curah dijual Rp12 ribu per liter, sama dengan harga bulan lalu.

Mengenai persediaan sembako yang cukup aman sehingga memicu harga masih stabil di sejumlah pasar tradisional, dibenarkan Kadis Perindag Sulsel Ashari F Radjamilo.

Dia menyebutkan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulsel senantiasa berkoordinasi hingga ke sentra produksi untuk menjaga ketersediaan sembako tetap terjaga.

Selain itu, juga terdapat data yang 'real time', sehingga perkembangan harga sembako dari tingkat petani hingga pengecer dapat diketahui dan diantisipasi jika terjadi lonjakan harga.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!