Pemkot Makassar Sediakan Laboratorium untuk Deteksi COVID-19 Varian Baru
Plt Dinas Kesehatan Makassar dr Iriani di Makassar. ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Bagikan:

Makassar—Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, saat ini sementara menyediakan laboratorium untuk mendeteksi varian baru virus corona atau COVID-19 di daerah itu.

"Mudah-mudahan sudah selesai dalam waktu dua pekan ini dan kita sudah langsung bisa periksa spesimennya," kata Plt Dinas Kesehatan Makassar dr Iriani di Makassar, Jumat 18 Juni.

Laboratorium itu disiapkan di RSUD Daya Makassar yang sedang direnovasi sembari menunggu pengadaan alat usai tender pengadaan.

Setelah laboratorium rampung dan alat telah bisa dioperasikan, Dinkes Sulsel akan mengirim seluruh spesimen pasien COVID-19 ke RSUD Daya untuk diperiksakan, termasuk spesimen pasien COVID-19 di rumah sakit.

Satu-satunya Alat di Daerah yang dapat Mendeteksi Varian Baru

Pengadaan alat laboratorium di Makassar ini diklaim akan menjadi satu-satunya alat di daerah yang bisa mendeteksi varian baru, sebab selama ini spesimen harus dikirim ke Jakarta (Balibangkes).

Alat ini akan bisa mendeteksi tiga varian baru COVID-19 seperti B117 asal Inggris, B1351 asal Afrika Selatan dan termasuk varian baru dari India B1617.

"Insya Allah sementara diperbaiki semua ruangannya, setelah itu nanti diinstal peralatannya dan alatnya memang beda. Kita juga ada bantuan dari BNPB, jadi nantinya ," urainya.

Menurut dr Iriani, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sangat memperhatikan pengadaan laboratorium untuk deteksi virus corona varian baru.

Kata dia, Ramdhan menyampaikan bahwa pengadaannya tidak bisa ditunda dan harus sekarang guna mempercepat pemeriksaan spesimen pasien COVID-19 terhadap virus corona varian baru.

"Untuk pemeriksaan ini pak wali upayakan, kita ada anggaran kok. Sehingga sekarang tergantung kesiapan pihak ketiga," ujarnya.

Ikuti info dan berita lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!