Peringati Hari Bumi, Diskusi Ekologi dan Beasiswa Digelar di Makassar
Tangkapan layar Ketua Umum Society Indonesia Environment Journalists (SIEJ) Rochmawati (kiri) pada peringatan Hari Bumi sedunia. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Peringatan Hari Bumi sedunia yang ditetapkan pada 22 April oleh para aktivis lingkungan di berbagai daerah diselenggarakan dengan diskusi ekologi dan pemberian beasiswa.

Co-Founder MallSampah Adi Saifullah Putra di Makassar, Kamis 22 April, mengatakan sejumlah organisasi yang fokus pada isu lingkungan hadir secara virtual pada Indonesia Green Tech Forum 2021 dengan menghadirkan pembicara utama mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang juga pendiri Ancora Foundation.

Adi menjelaskan forum ini diselenggarakan MallSampah dan didukung oleh start up dan instansi yang fokus ke teknologi hijau (Green Tech) untuk membahas upaya menyelamatkan bumi.

Society Indonesian Environment Journalists (SIEJ)

Hal serupa juga dilakukan organisasi jurnalis yang fokus pada isu lingkungan, yakni Society Indonesian Environment Journalists (SIEJ) dengan simpul-simpul daerah bersama Eco-Nusa menggelar diskusi lingkungan dengan menghadirkan pembicara mantan Menteri Lingkungan Hidup Dr Emil Salim.

Menurut Ketua Umum SIEJ Rochimawati, peringatan Hari Bumi ini sekaligus dirangkaikan dengan HUT ke-15 SIEJ yang diikuti oleh simpul-simpul SIEJ yang tersebar di sejumlah provinsi di Indonesia.

Selain menggelar diskusi lingkungan, juga memberikan fellowship bagi 15 orang wartawan terpilih yang akan menulis artikel lingkungan berbasis data.

Dia mengungkapkan, hal tersebut dilakukan bersama Eco-Nusa sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi pada jurnalis yang turut membantu menyosialisasikan pentingnya menjadi lingkungan dan bumi secara luas.

"Jadi liputan lingkungan ini akan dilakukan oleh 15 jurnalis terpilih dari wilayah Timur dan Barat Indonesia," katanya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!