Selama Ramadhan, PLN Sulselrabar Menjamin Pasokan Listrik
Personil PLN UIW Sulselrabar saat melakukan pemeliharaan terhadap pasokan listrik di wilayah Sulselbar. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) menjamin pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2021 tetap aman.

“Kami pastikan pasokan listrik selama bulan Ramadhan hingga perayaan lebaran tetap aman," ujar General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid melalui keterangannya di Makassar, dilansir dari Antara, Senin 12 April.

Ia menjelaskan seluruh Unit Induk Wilayah harus mendukung kesiapan serta kesiagaan dalam menjamin pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2021 agar tetap andal.

Kesiapan pasokan listrik telah didukung dengan sistem kelistrikan di Sulawesi Bagian Selatan, dengan total Daya Mampu mencapai 2.147 MW, Beban Puncak sebesar 1.474 MW serta memiliki reserve margin atau cadangan daya sebesar 672 MW.

Selain dari sistem kelistrikan, PLN UIW Sulselrabar telah menyiapkan beberapa SOP untuk kesiagaan dalam menjaga pasokan listrik andal selama selama Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2021, di antaranya penyiapan posko siaga, dan pemeliharaan sistem telekomunikasi selama 24 jam.

PLN UIW Sulselrabar juga sudah menyiapkan 215 posko yang tersedia di tempat-tempat ibadah beserta 2.766 personelnya di seluruh unit Sulselrabar, termasuk Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) untuk jaringan distribusi 20 kV yang terdiri dari Tim Sentuh Langsung dan Tim Metode Berjarak untuk mempercepat penanganan gangguan.

Selain itu, PLN UIW Sulselrabar juga menyiagakan 50 Unit Gardu Bergerak (UGB), 29 Uninterruptible Power Supply (UPS), 19 Unit Crane, 274 Unit mobil pelayanan, 144 unit motor pelayanan dan 129 unit genset sebagai back up apabila terjadi gangguan.

Upaya pemeliharaan terpadu telah dijalankan

Awaluddin mengungkapkan pihaknya juga telah melaksanakan upaya pemeliharaan terpadu seperti pemeliharaan jaringan distribusi 20 kV sebanyak 24.007 kms serta 3.150 Gardu Distribusi guna menjaga kontinuitas penyaluran listrik ke pelanggan sepanjang Januari-Maret 2021.

"Di setiap unit, kami melakukan upaya pengecekan terpadu dan pelaporan monitoring setiap harinya pada sistem jaringan distribusi 20 kV, guna menjaga kontinyunitas penyaluran listrik ke masyarakat," ujarnya.

Untuk mempercepat pengaduan pelanggan, PLN UIW Sulselrabar telah menyediakan Command Center PLN guna menindaklanjuti penanganan gangguan atau keluhan pelanggan khususnya di Kota Makassar (diresmikan pada 26 Oktober 2020).

"Seluruh upaya ini, kami lakukan untuk menjaga kekhusyukan ibadah saat Ramadhan serta perayaan Idul Fitri 1442 H," tambahnya.

Selanjutnya, untuk kemudahan informasi penanganan gangguan dan keluhan kelistrikan. Masyarakat bisa menghubungi call center di telepon (kode area)+123, PLN Mobile, website www.pln.co.id, email [email protected], Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!