Pemprov Dorong Bulog Sulsel Menjadi Seperti Pasar Induk Cipinang
Kabiro Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sulsel Since Erna Lamba. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Kabiro Perekonomian dan Pembangunan Setda Sulawesi Selatan (Sulsel) Since Erna Lamba menjelaskan peran Bulog Sulsel ke depan akan didorong menjadi seperti Pasar Induk Cipinang dalam hal pengelolaan bahan pangan.

"Hal itu dimaksudkan agar peran Bulog Sulsel dapat lebih luas dalam menjaga ketahanan pangan di daerah ini, maupun menyangga daerah lainnya, seperti Pasar Induk Cipinang," jelas Since di Makassar, Jumat.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjutnya, peran tersebut sementara digodok dan ke depan Pemprov Sulsel siap mengirim surat ke pihak terkait di pusat agar peran Bulog di provinsi itu bisa sama dengan Pasar Induk Cipinang.

Sementara itu, peran Bulog adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan.

Gudang Bulog di daerah akan dioptimalkan

Sedangkan ruang lingkup bisnis perusahaan milik negara ini meliputi usaha logistik/pergudangan, survei dan pemberantasan hama, penyediaan karung plastik, usaha angkutan, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran.

Selain itu, lanjut Since, peran gudang Bulog di daerah juga akan dimaksimalkan sehingga dapat membantu sistem resi gudang.

Sebagai gambaran, resi gudang dengan pemanfaatan gudang Bulog Pare Pare sebagai tempat penyimpanan jaminan dari transaksi gadai dapat dimungkinkan.

"Hal itu akan membantu petani, jika sewaktu-waktu membutuhkan dana, maka gabahnya dapat dijadikan sebagai jaminan dalam mengelola ataupun memenuhi produksinya," kata Since.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!