Berita Sulsel Terbaru: Bulog Sulsel Telah Serap 10.000 Ton Beras Lokal di Awal Panen 2022
Sejumlah warga saat melakukan panen raya di Kampung Massaloeng Desa Salenrang, Kab.Maros Sulsel. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) telah menyerap beras lokal petani sebesar 10.000 ton di awal panen tahun 2022.

"Hari ini sudah masuk kurang lebih hampir 10.000 ton, dan akan terus berlanjut sampai puncak panen nanti berakhir," jelas Kepala Divre Perum Bulog Divre Sulselbar Bachtiar yang dihubungi dari Makassar, Senin 28 Maret.

Bachtiar menjelaskan, dalam rangka memonitor persiapan untuk penyerapan gabah oleh Bulog, ia sedang melakukan kunjungan ke berbagai daerah di Sulawesi Selatan seperti Parepare, Sidrap dan Pinrang.

Terkait harga gabah maupun beras, Bachtiar menyebut masih stabil dan belum terpengaruh dengan kondisi pasar.

"Jadi Bulog Sulawesi Selatan sudah mulai melakukan penyerapan pemilihan beras petani lokal, dalam rangka untuk menjaga stok cadangan beras kita," ujarnya.

Target serapan beras Bulog Sulselrabar tahun 2022

Bulog Sulselrabar menargetkan serapan beras tahun 2022 minimal 240.000 ton. Serapan paling banyak dilakukan di Kabupaten Sidrap, Pinrang, Bone dan Parepare.

Saat ini, Sulawesi Selatan mempunyai cadangan stok beras sebanyak 120.000 ton yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sulsel hingga 20 bulan ke depan.

"Jadi sekarang terkait dengan beras, masyarakat tidak perlu khawatir, insyaallah cukup melimpah, kalau hanya untuk konsumsi Sulawesi Selatan saya fikir itu cukup berlebih. Bahkan bisa dikonsumsi sampai dua tahun itu tidak habis," ujarnya.

Sebagai sentra produksi terbesar yang ada di Wilayah Timur Indonesia, Bulog Sulselbar juga sedang melakukan suplai kebutuhan beras pada sejumlah wilayah luar Sulsel seperti daerah Papua, NTT, Maluku.

"Bahkan hari ini kita ada mengirim ke Sumatera, Aceh, Sumatera Utara dan Riau," katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.