Tim Saber Pungli Pasangkayu Sulbar Amankan Petugas Dinas Perkebunan
Tim sapu bersih pungutan liar (Saber pungli) Polres Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat berhasil mengamakan petugas Dinas Perkebunan dan Pertenakan Kabupaten Pasangkayu. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Tim sapu bersih pungutan liar (Saber pungli) Polres Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat menyergap petugas Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pasangkayu yang diduga melakukan pungli.

"Saber pungli Polres Pasangkayu berhasil melakukan OTT petugas Dinas Perkebunan dan Petenakan Kabupaten Pasangkayu, yang diduga melakukan pungli di cekpoint pemeriksaan hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pasangkayu," kata Auditor Itwasda Polda Sulbar, Kombes Polisi Z. Agus Binarto, di Mamuju, Jumat malam.

Ia menjelaskan, terduga pelaku berhasil diamankan di cekpoint yang terletak di jalan poros Trans Sulawesi di Dusun Rojo, Desa Sarjo, Kecamatan Sarjo, Kabupaten Pasangkayu tersebut.

"Terduga pelaku melakukan pungli kepada para sopir mobil yang mengangkut ternak, buah-buahan, dan sayuran yang melintas ke luar ataupun masuk ke Kabupaten Pasangkayu," katanya.

SKKH diterbitkan dengan tanda tangan palsu

Ia menyampaikan, terduga pelaku diketahui berinisial MS (38) yang masih berstatus pegawai honorer Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pasangkayu.

"Modus pelaku memaksa untuk membayar sejumlah uang untuk menerbitkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), kepada para sopir pengangkut ternak apabila ingin melintas ke luar ataupun masuk ke Kabupaten Pasangkayu," katanya.

Selain itu pelaku juga menerbitkan SKKH dengan menggunakan tanda tangan dan stempel palsu.

Ia menyampaikan, dari tangan terduga pelaku tim saber pungli mengamankan barang bukti berupa uang tunai senilai Rp1.010.000.

Selain itu, terdapat satu lembar catatan pemuat ternak, SKKH, 1 buah stempel lalu lintas ternak Kabupaten Pasangkayu cekpoint dan satu buah stempel dan tinta Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten, dan barang bukti foto dan video.

Ia menyampaikan, pelaku dan barang bukti saat ini diamankan di Mapolres Pasangkayu untuk diperiksa lebih lanjut.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!