Baku Tembak Terjadi pada H-1 HUT ke-77 RI, KKB Papua Bakar Fasilitas Milik Pemkab Intan Jaya
Ilustrasi personel Brimob bertugas di Intan Jaya, Papua. (ANTARA-Zainuddin MN)

Bagikan:

MAKASSAR - Sejak Selasa 16 Agustus pagi hingga saat ini, baku tembak terjadi antara aparat keamanan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gustoro menyebutkan baku tembak antara aparat keamanan dengan KKB Papua terjadi di Distrik Sugapa, Ibu Kota dari Kabupaten Intan Jaya.

Dalam bentrokan ini, KKB Papua juga membakar sejumlah fasilitas milik Pemerintah Kabupaten Intan Jaya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri telah memperingatkan jajarannya termasuk anggota TNI yang bertugas di Papua bersiaga jelang HUT ke-77 RI.

Kepada Kapolres di Papua, Kapolda Papua meminta agar meningkatkan kewaspadaannya.

Imbauan Kapolda untuk masyarakat

Sedangkan kepada masyarakat, Kapolda Papua mengimbau untuk membatasi aktivitas terutama ke kawasan yang dianggap rawan dan jauh dari jangkauan aparat keamanan.

Adapun daerah yang dianggap rawan gangguan keamanan, yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Intan Jaya, Puncak Nduga, dan Puncak Jaya.

"Mudah-mudahan tidak ada gangguan keamanan dan pelaksanaan HUT Ke-77 RI berlangsung aman," kata Kapolda Papua, dikutip Antara, Senin, 15 Agustus.

Kapolda Papua mengungkapkan sejumlah pejabat keamanan telah ditugaskan agar memantau pelaksanaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di seluruh Papua. Pejabat yang dimaksud Karoops, Dirintel, dan Dansat Brimob Polda Papua.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan berita lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selanjutnya.