Berita Sulsel Hari Ini: Unhas--UCT Afrika Selatan Jalin Kerja Sama di Bidang Penelitian Penyakit Infeksi
Pihak Unhas--UCT Afrika Selatan membahas rencana kerja sama penelitian penyakit infeksi melalui virtual. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan University of Cape Town (UCT) Afrika Selatan menjalin kerja sama dan kolaborasi penelitian berkaitan dengan penyakit infeksi.

​​​​​​​

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unhas Prof dr Muh Nasrum Massi PhD dalam keterangannya di Makassar, Jumat mengatakan inisiasi kolaborasi penelitian tersebut secara umum merupakan wujud dari kontribusi dan peran Unhas dalam membangun kemitraan dan bermanfaat lebih kepada masyarakat.

Sebelumnya penyakit infeksi di Afrika dan Asia terutama Indonesia masih cukup tinggi. Selain itu konferensi dan webinar juga sangat jarang Unhas lakukan dengan universitas di wilayah tersebut.

"Kita mencari Fakultas Kedokteran di Benua Afrika dan mencoba menghubungi Dekan FK UCT, mereka merespons dengan melakukan pertemuan awal membahas konsep kerja sama yang hendak dilakukan," sambung Prof Nasrum.

Kerja sama penelitian difokuskan pada penyakit infeksi

Prof Nasrum menyebutkan, rencana kerja sama penelitian difokuskan pada penyakit infeksi dengan melakukan link and match antara para peneliti Unhas yang memiliki bidang keilmuan penyakit infeksi dengan peneliti Faculty of Health Science UCT.

Sebagai awal, topik utama riset akan berkaitan dengan tuberculosis, malaria, dan hepatitis.

"Terlebih dahulu akan dilakukan top scientist webinar dalam waktu dekat. Kita sudah mengirimkan format top scientist webinar yang selama ini kita lakukan dan akan menjadi contoh bersama secara berkelanjutan. Nantinya, para peneliti Unhas dan UCT akan dipertemukan untuk membahas kolaborasi penelitian ini secara lebih mendalam," jelasnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selengkapnya.