Panglima AS Kunjungi Jenderal Andika, Moeldoko Nilai Pertemuan Perkuat Komunikasi Kedua Negara
KSP Moeldoko. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menilai wajar Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS) Jenderal Mark AA Milley berkunjung ke tempat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Minggu 24 Juli.

Menurutnya, pertemuan itu dapat memperkuat komunikasi antara dua negara.

“Pertemuan antara para panglima itu hal yang wajar karena di situ perlunya memperkuat komunikasi sehingga persahabatan dari waktu ke waktu semakin baik,” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, dikutip dari Antara, Senin 25 Juli.

Moeldoko mengungkapkan, pimpinan milter Indonesia juga kerap berkunjung ke negara lain untuk menemui koleganya guna menyampaikan aspirasi dan keinginan Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar kedua negara memiliki kesepahaman dalam memandang suatu isu.

“Biasa kita juga berkunjung ke panglima sebuah negara untuk bertukar pikiran, untuk men-delivery (menyampaikan) kami inginnya begini, ah itu biasa kita lakukan seperti itu agar negara lain juga paham bahwa Indonesia punya sikap dalam melihat situasi lingkungan seperti apa, itu biasa kita lakukan seperti itu,” tutur Moeldoko yang juga eks Panglima TNI.

Negara penting bagi AS

Jenderal Milley pada Minggu 25 Juli menemui Jenderal Andika Perkasa. Dalam kesempatan tersebut, Milley menyatakan Indonesia merupakan negara penting bagi AS.

"Penting bagi Asia Tenggara, Asia, dan seluruh dunia," kata Mark Milley, usai bertemu Andika Perkasa, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Minggu 25 Juli.

Milley menjelaskan lebih dari dua pertiga perdagangan internasional melewati wilayah pasifik dan sebagian besar datang lewat jalur laut di Indonesia.

”Sebagai negara terbesar keempat dan negara Muslim terbesar, serta militer profesional yang tangguh dan mitra militer AS," imbuhnya.

Dia mengajak Indonesia untuk bahu-membahu bersama TNI dan rakyat Indonesia. Selain itu, dia juga mendukung negara lain di kawasan untuk mempererat kerja sama di masa depan.

Kunjungan Kepala Staf Gabungan AS/Chairman of The Joint Chiefs of Staff (CJCS) General Mark AA Milley ke Mabes TNI ini menandai kerja sama militer antara Indonesia dengan Amerika Serikat.

"Kedatangan ini setelah 14 tahun tidak melaksanakan kunjungan kerja ke Indonesia," kata Andika.

Andika menjelaskan berbagai hal menjadi pembicaraan dalam pertemuan tersebut untuk meningkatkan persahabatan, pelatihan bersama guna meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan dalam menghadapi tantangan keamanan.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selengkapnya.