DPR Berharap Pemulihan Ekonomi di Tengah Membaiknya Pandemi Benar-Benar Dirasakan Masyarakat
Ilustrasi pedagang di suatu pasar tradisional. (Antara/Pradita K S)

Bagikan:

MAKASSAR - Ketua DPR, Puan Maharani, menyebut penanganan pandemi COVID-19 yang mulai merenggang harus diikuti dengan pemulihan ekonomi sampai masyarakat kelas bawah.

“Sebagaimana pemulihan kesehatan dirasakan masyarakat di seluruh lapisan, pemulihan ekonomi juga harus dirasakan masyarakat sampai ke tingkat paling bawah," jelas dia dalam keterangannya di Jakarta, Selasa 5 April.

BACA JUGA:


Ia mengungkapkan, kondisi pemulihan ekonomi tidak boleh hanya di atas kertas dan tidak boleh hanya angka-angka, namun harus benar-benar dirasakan rakyat.

Menurut dia, pemulihan ekonomi rakyat ini harus dapat segera dirasakan. Karenanya, segala kondisi dan tantangan yang membuat rakyat sulit merasakan pemulihan ekonomi harus segera ditangani pemerintah.

"Jangan sampai ketika pemerintah bicara pemulihan ekonomi dalam masa transisi lalu harga-harga komoditas dan BBM justru meningkat. Terlebih di saat kebutuhan dan mobilitas masyarakat yang semakin meningkat mendekati Hari Raya Idul Fitri," ujar perempuan politikus dari PDI Perjuangan ini.

Pernyataan pemerintah harus sesuai dengan yang rakyat alami

Ia mengapresiasi gotong royong seluruh elemen bangsa dalam upaya pengendalian Covid-19 yang semakin menemukan titik cerah.

Namun, menurut dia, pernyataan pemerintah terkait tren pemulihan ekonomi di masa transisi Covid-19 harus sesuai dengan apa yang dirasakan rakyat. Terlebih sejumlah program insentif, seperti penghapusan pajak penghasilan yang diterapkan selama pandemi sudah tidak berlaku lagi.

“Jangan sampai segala keringanan untuk rakyat selama pandemi sudah dihentikan satu per satu namun pemulihan ekonominya belum dirasakan, sehingga beban ekonomi rakyat bukannya berkurang tapi malah semakin berat," tandasnya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

 

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.