BMKG: Hujan Lebat Diprediksi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Indonesia
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang termasuk sebagian besar Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip di situs BMKG dari Jakarta, Senin 4 April, hujan lebat diprakirakan dapat terjadi di wilayah Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Potensi hujan lebat juga terjadi di daerah Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sulsel hujan ringan

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprediksi BMKG dapat terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

Khusus wilayah Jakarta, hujan ringan diprakirakan terjadi pada siang hari di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

BMKG juga memperingatkan beberapa wilayah masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara, untuk kategori waspada banjir terdapat di daerah Aceh, Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.