BMKG Prediksikan Hujan Sedang hingga Lebat Jelang Natal di Sebagian Wilayah Indonesia
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

MAKASSAR - Menjelang perayaan Natal 2021, sebagian wilayah Indonesia di sebagian kawasan ibu kota serta laut timur diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan diguyur hujan sedang hingga lebat.

Mengutip Antara, dari laman www.bmkg.go.id, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat berpotensi terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara dan Maluku akibat pengaruh suspek bibit siklon tropis di wilayah laut timur.

Selanjutnya potensi angin kencang dapat terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

BMKG mendeteksi suspek area bibit siklon tropis di wilayah laut timur yang berpotensi berkembang menjadi siklon tropis dalam kurun waktu 24-72 jam ke depan.

Suspek area tersebut cenderung bergerak menjauhi wilayah Indonesia menuju ke selatan barat daya ke wilayah perairan Australia. Namun dalam masa perkembangan menjadi siklon tropis, potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat, angin kencang hingga gelombang tinggi perlu diwaspadai.

Bibit siklon 98W di Samudra Pasifik Utara Papua

BMKG juga memantau masih ada bibit siklon 98W yang tumbuh di wilayah Samudra Pasifik Utara Papua yang memberi dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa gelombang dengan ketinggian 1,5 hingga 2,5 meter di wilayah perairan Utara Sulawesi, perairan Maluku, perairan Halmahera dan perairan Papua Barat.

Selain itu, potensi gelombang dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di wilayah Samudra Pasifik utara Jayapura.

Prakiraan cuaca wilayah Pulau Sumatera perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang antara lain di wilayah Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Potensi yang serupa juga dapat terjadi di sebagian besar wilayah Pulau Jawa dari Banten hingga Jawa Timur. Sebagian besar wilayah Pulau Kalimantan juga memiliki potensi yang sama, termasuk sebagian besar wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, kecuali Gorontalo dan sebagian besar wilayah Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!