Berita Sulsel Hari Ini: DKP Sulsel Berikan Bantuan Pangan dari Kementan untuk Kelompok Pra Sejahtera
Gerakan pasar pangan jelang Ramadhan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Sulsel di Mandala, Makassar sejak 30 Maret hingga 1 April 2022. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Sulawesi Selatan mulai memberikan bantuan pangan dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk kelompok pra sejahtera, termasuk yang terkena dampak COVID-19.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Kemal Redindo Putra Syahrul di Makassar, Kamis 31 Maret, menjelaskan bahwa pihaknya sudah menerima sebanyak 14.000 liter minyak goreng dan 14.000 kg gula pasir dari Kementan untuk disalurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan di daerah.

Bantuan ini diberikan dalam rangka menjelang puasa Ramadhan 1443 Hijriah

"Kita sudah serahkan ke Kota Makassar secara simbolis pada gerakan pasar pangan yang kami gelar sejak kemarin Rabu (30/03) hingga 1 April besok," ujarnya.

Setiap kabupaten/kota, kata Kemal, mempunyai kuota masing-masing yang ditentukan langsung oleh Kementan dan akan dibagi secara bertahap selama Ramadhan.

"Kalau gulanya sudah terbagi, minyaknya yang belum terbagi. Baru Makassar yang dapat karena kuotanya Makassar 1.500 liter, yang lain ini belum dapat stok. Jadi belum bisa didistribusikan," ungkap Kemal.

Kuota paket pangan sejumlah 750 paket

Sementara Kepala Bidang Distribusi Pangan DKP Makassar Faisal menyebut Makassar mendapatkan kuota paket pangan dari Kementan sebanyak 750 paket, setiap paket berisi masing-masing 2 liter minyak goreng dan 2 kg gula pasir.

"Barangnya dititip di Bulog, tapi rencananya kita akan bagikan sebelum Ramadhan, tapi tetap harus difikirkan teknis pembagiannya, jangan sampai ada kerumunan dan tentu tepat sasaran," kata dia.

Secara umum, berdasarkan petunjuk teknis, penerima bantuan adalah masyarakat terdampak COVID-19 yang kurang mampu, pegawai kontra, pegawai golongan rendah, cleaning service dan lainnya.

"Infonya bantuan serupa akan ada lagi sebelum lebaran. Kuotanya kami belum tahu, tapi yang ada sekarang kita siapkan data penerimanya," ujarnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.