MAKASSAR - Transaksi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Makassar di pasar daring lewat platform Tokopedia naik dua kali lipat sepanjang 2021 dibanding 2020.
“Makassar, Denpasar dan Palembang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjualan selama 2021 dibandingkan 2020,” kata Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho dalam keterangan persnya di Makassar, Sabtu 15 Januari.
Dia menjelaskan masyarakat di ketiga kota besar di Indonesia itu memperlihatkan antusiasme dalam mendukung pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, melalui "market place" yang terus meningkat.
Peningkatan transaksi paling tinggi
Peningkatan transaksi daring itu, jelas dia, pada kelompok makanan dan minuman, ibu dan anak, fesyen anak, serta alat kecantikan menjadi kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Makassar selama 2021 dibandingkan 2020.
Hal itu dikonfirmasi pula oleh penjual sayur konvensional Roemah Sajoer Makassar, dengan menggunakan sepeda motor dari rumah ke rumah, ia mengalami peningkatan omzet hingga 8x lipat sepanjang 2021 melalui Tokopedia.
UMKM yang memberdayakan petani setempat ini mendayagunakan platform digital seperti Tokopedia untuk membantu jangkauan ke masyarakat di seluruh Indonesia dengan lebih efisien.
Berbagai temuan menarik di atas didukung oleh sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021, mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
BACA JUGA:
Digitalisasi Pasar Tradisional
Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal termasuk waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya.
Selain itu, ada Digitalisasi Pasar Tradisional, dalam hal ini Tokopedia bersama pemerintah setempat mendigitalisasi pasar tradisional di berbagai kota.
Sebagai gambaran, Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Pasar Kampung Baru di Makassar yang telah diresmikan pada akhir 2021,
Ke depannya, Ttriani berjanji akan terus gencar berkolaboras dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri.
Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!